Daftar Blog Saya

Páginas

Minggu, 22 Juli 2012

CONTOH KARYA ILMIAH JUDUL PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP NILAI SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V



BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Penulis merasa terpanggil untuk melakukan penelitian khususnya mengenai menurunnya nilai sains di kelas V (Lima). Penulis ingin mengetahui kenapa nilai siswa cenderung menurun, mungkin karena kurang belajar di rumah atau ada faktor lain.
Sains berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara menyeluruh. Dengan demikian sains bukan hanya penguasaaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,  konsep-kosnep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Siswa harus terbiasa meneliti setiap peristiwa yang terjadi pada dirinya dan juga alam sekitarnya.(Muhamad Samsul Wardani, 2008: 1).

Pembelajaran sain di sekolah dasar bertujuan agar :
1.      Mengembangkan rasa ingin tahu dan supaya bersikap positif terhadap  dan tekhnologi
2.      Mengembangkan keterampilan proses
3.      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep  yang bermanfaat
Agar tujuan pembelajaran  di Sekolah Dasar dapar berhasil dengan baik hendaknya guru menggunakan pendekatan, metoda, dan strategi pembelajaran yang mamapu menciptakan suasana belajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, mengembangkan sikap serta prilaku kreatif dan inovatif pada anak. Maka untuk itu diperlukan sarana dan prasarana belajar yang menunjang keberhasilan pembelajaran, yaitu melalui pemanfaatan sumber belajar antara lain berupa peralatan sederhana (Galton dan Harlen, 1990: 4).
penggunaan alat peraga sederhana merupakan solusi dari masalah yang ada pada penelitian, sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep gaya magnet pada pembelajaran.
Dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga   konsep abstrak sains dapat disajikan dalam bentuk konkrit, siswa lebih banyak mengikuti pembelajaran  dengan gembira, karena baik langsung maupun tidak langsung akan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, sehingga minat belajrnya semakin besar, dan siswa akan menyadari adanya hubungan antara benda-benda yang ada di sekitarnya (Resffendi, 1992: 140).
Dengan data sementara bahwa rendahnya nilai sains  di kelas ( V ) lima di karenakan siswa kurang antusias terhadap pelajaran tersebut, ini mungkin dikarenakan siswa kurang tertarik dengan pelajaran sains atau sarana penunjang lainnya seperti alat peraga tidak digunakan dalam pembelajaran sains dan buku pelajaran kurang tersedia, atau mungkin juga guru cara menyampaikan materinya kurang menarik sehingga siswa merasa jenuh.


1.2   Rumusan Masalah
Pada penelitian ini peneliti merumuskan beberapa permasalahan yang sekiranya relevan dan judul penelitian menjadi lebih jelas, maka permasalahan penelitian dirumusakan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut :
  1. Apakah pembuatan alat peraga dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran sains ?
  2. Sejauhmana penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains ?

1.3  Tujuan dan Manfaat
1.3.1. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah ;
1.      Mengetahui kemampuan siswa dalam belajar
2.      Menumbuhkan semangat belajar
3.      Meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar
4.      Memperbaiki kelemahan-kelemahan yang dialami siswa
5.      Meningkatkan hasil belajar siswa

     1.3.2. Manfaat :
a.       Manfaat Bagi Peneliti
a)      Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam  mengajar dan sebagai acuan untuk proses pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan
b)      Sebagai tolak ukur dalam pelajaran Sains siswa SD
b.      Manfaat Bagi Guru
a)      Meningkatkan kreatifitas.
b)      Menciptakan guru professional.
c)      Meningkatkan pola ajar yang bermutu.
c.       Manfaat Bagi Siswa :
a)      Meningkatkan aktifitas belajar siswa
b)      Meningkatkan pemahaman atau penguasaan sains
c)      Meningkatan hasil belajar siswa

1.4.       Hipotesis
 Hipotesis tindakan diberikan untuk meningkatkan optimistis guru dalam menggunakan alat peraga dalam pembelajaran sains.. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
”Jika alat peraga digunakan dalam pembelajaran sains  di kelas V, maka hasil belajar siswa meningkat.”

1.5.        Metode Penelitian
a.          Populasi
Objek peneliti pada penelitian pengaruh penggunaan alat peraga terhadap mata pelajaran sains di kelas V SDN Cinangka 3 Desa Cinangka Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten jumlah siswa 22 orang.


b.             Responden / Sample
Penelitian pengaruh penggunaan alat peraga terhadap mata pelajaran sains dilaksanakan secara total satu kelas yaitu kelas V SDN Cinangka 3
c.                          Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengelolaan data/metode pengambilan data menggunakan sistem sensus
















BAB II
GAMBARAN UMUM PENELITIAN

2.1.Keadaan Sekolah
Yang dijadikan subjek serta objek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Cinangka 3 Desa Cinangka Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten.
Letak geografis sekolah tersebut terletak di cinangka, sehingga sekolah tersebut dinamakan SDN Cinangka 3 karena di Desa cinangka terdapat banyak Sekolah dasar yaitu SDN Cinangka 1, SDN Cinangka 2 dan SDN Cinangka 3.
 SD Negeri Cinangka 3 memiliki enam ruang kelas, satu ruang guru, satu ruang kepala sekolah 4 WC yang dilengkapi dengan air dari dalam tanah dan juga ada ruang UKS. Jumlah siswa SDN Cinangka 3 keseluruhan yaitu ada 123 siswa yang dibimbing oleh 1 orang kepala sekolah, 10 tenaga pengajar serta 1 orang penjaga sekolah.
Penelitian ini  dilaksanakan di kelas V SDN Cinangka 3 dengan jumlah siswa 22 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan seperti yang terlhat dalam tabel dibawah ini :






Table 2.1
Jumlah Siswa Kelas V SDN Cinangka 3
Kelas
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
V ( Lima )
10
12
22

Table 2.2
Jumlah Guru SDN Cinangka 3
No
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
1
3
8
11








BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1     Hasil dan Pembahasan
3.1.1        Berdasarkan hasil penelitian pengaruh alat peraga dalam pelajaran sains dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar
3.1.2        Pengaruh penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sains juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, itu terbukti dari tabel berikut ini :

Tabel 3.1
Hasil tes formatif pembelajaran sains yang tidak menggunakan
 alat peraga di Kelas V
NO
NAMA SISWA
NILAI
1
MASYUNAH
7
2
SOHALIAH
6
3
FIKRI OKTARIADI
7
4
TATU LESTARI
4
5
NURALAM
4
6
SITI ZAENAB
6
7
HAFIUDIN
6
8
MEGA PRIHASTINI
6
9
TIPANI RIZQIANISA
6
10
FAHRUL CANDRA
5
11
WAWAT IRAWATI
5
12
AWAL HUDRIYANI
6
13
IVA FARIDA YANTI
6
14
DEVI YANTI
6
15
RIANTI NURHIDAYAT
7
16
ARUL
6
17
IRHAM ERNANDA
7
18
DELA
7
19
DESITA FITRIAH
6
20
SYAHRUL HIDAYAT
5
21
HERDI KHAERUL I
4
22
RAHMAT DIBA
5
JUMLAH
127
RATA-RATA
5.77

Tabel 3.2
Hasil tes formatif pembelajaran sains yang tidak menggunakan
 alat peraga di Kelas V
NO
NAMA SISWA
NILAI
1
MASYUNAH
9
2
SOHALIAH
7.5
3
FIKRI OKTARIADI
8
4
TATU LESTARI
6.5
5
NURALAM
7
6
SITI ZAENAB
7.3
7
HAFIUDIN
7.5
8
MEGA PRIHASTINI
7
9
TIPANI RIZQIANISA
6.5
10
FAHRUL CANDRA
9
11
WAWAT IRAWATI
7
12
AWAL HUDRIYANI
8.5
13
IVA FARIDA YANTI
8
14
DEVI YANTI
6.5
15
RIANTI NURHIDAYAT
9
16
ARUL
7
17
IRHAM ERNANDA
8.5
18
DELA
7
19
DESITA FITRIAH
8
20
SYAHRUL HIDAYAT
8
21
HERDI KHAERUL I
7.5
22
RAHMAT DIBA
7.5
JUMLAH
167.8
RATA-RATA
7.62

Keterangan :
Berdasarkan tabel diatas, bahwa pembelajaran sains dengan menggunakan alat peraga dan yang tidak menggunakan alat peraga menunjukan perbedaaan yang sangat signifikan. Hasil pembelajaran dengan menggunakan alat peraga lebih baik dari yang tidak menggunakan alat peraga itu terlihat jelas pada rata-rata nilai masing-masing pembelajaran.





BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1.Kesimpulan
Dari hasil pengamatan tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan alat peraga konsep yang abstrak akan menjadi konkret, sehingga mudah dipahami siswa. Dan siswa akan antusias dalam belajar karena pembelajaran menjadi menarik karena siswa menemukan hal yang baru dalam pembelajaran, yang selama ini tidak mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan pendekatan belajar dengan menggunakan alat peraga menumbuhkan sifat kritis yang dinyatakan dalam wujud kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat  serta melatih keterampilan siswa dalam mengkomunkasikan hasil suatu kegiatan baik secara lisan maupun secara tertulis.

4.2.Saran
Untuk meningkatkan nilai sains tentang minat atau kemauan keras siswa untuk giat belajar. Oleh karena itu peran guru dan orang tua sangat membantu terhadap prestasi siswa.


DAFTAR PUSTAKA

Anggoro, M.T. (2008). Metode Penelitian.  Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas. 2006, Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: CV. Timur Putra Mandiri
Hatimah, I. Susilana, R. dan Aedi, N. (2007).  Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI PRESS
Kuraesin, E. (2004). Belajar Sains Untuk Siswa SD. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa
Munandar, Dadang, R. (2004). Belajar Sains 5. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa
Nasution,  N. dkk. (2004). Pendidikan IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sa’adah, S. (2004)  Sains untuk Siswa SD Kelas V. Bandung: Titian Ilmu Bandung
Secience EducationQuality improvement project ( SEQIP). (2003). Buku IPA Guru Kelas 5. Jakarta: DEPDIKNAS
Sukirman, D dan Jumhana, M. (2006). Perencanaan Pembelajaran.  Bandung: UPI PRESS
Wardani, M.S. (2008). Membuat Alat Peraga IPA Sederhana. Bogor : Regina
Wardani, I.G.A.K., Wihardit. K. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra Udin S. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.









PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP NILAI SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN CINANGKA 3

Oleh ;
………………………

RUMUSAN MASALAH

  1. Apakah pembuatan alat peraga dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran sains ?
  2. Sejauhmana penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains ?


METODE PENELITIAN


1.     POPULASI
2.     DATA SENSUS



HASIL PEMBAHASAN

Hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

TUJUAN

Ø  Mengetahui kemampuan siswa dalam belajar
Ø  Menumbuhkan semangat belajar
Ø  Meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar
Ø  Memperbaiki kelemahan-kelemahan yang dialami siswa
Ø  Meningkatkan hasil belajar siswa
Ø   

LATAR BELAKANG

Dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga   konsep abstrak sains dapat disajikan dalam bentuk konkrit, siswa lebih banyak mengikuti pembelajaran  dengan gembira, karena baik langsung maupun tidak langsung akan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, sehingga minat belajrnya semakin besar, dan siswa akan menyadari adanya hubungan antara benda-benda yang ada di sekitarnya

 














































GAMBARAN UMUM

Ø  Yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas V SDN Cinangka 3 terletak di Desa Cinangka Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten yang berjumlah 22 orang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan :
Ø  siswa akan antusias dalam belajar karena pembelajaran menjadi menarik

saran :
Ø  Peran guru dan orang tua sangat penting dalam membentuk siswanya yang cerdas dan berprestasi
 
















TARGET PEMBACA MASYARAKAT UMUM


Menurut (Hammond & Collins, 1991 ; Jevis 1990 ; Knowles 1975 dan Lon, 1990) sebagai suatu konstruk, kesiapan belajar mandiri adalah bagian dari kepribadian individu yang mampu dan mau untuk belajar dengan inisiatif sendiri, dengan atau tanpa bantuan pihak lain. Dalam hal ini penentuan tujuan belajar, metode belajar dan evaluasi hasil belajar menurut Oddi dan Grow, kesiapan belajar mandiri merupakan bagian dari kepribadian yang berkembang dari waktu ke waktu melalui interaksi sosial.
Menurut Guglielmino, West dan Bentley sebagai suatu devisi operasional. Karakteristik individu yang memiliki kesiapan belajar mandiri dicirikan oleh ; (1) kecintaan terhadap belajar, (2) Kepercayaan diri sebagai mahasiswa, (3) Keterbukaan terhadap tantangan belajar, (4) Sifat ingin tahu, (5) Pemahaman diri dalam hal belajar dan (6) Menerima tanggung jawab untuk kegiatan belajarnya.

















KATA PENGANTAR


Alhamdulilah, segala puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir karya ilmiah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya ilmiah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, dengan segenap kerendahan hati penulis menerima kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
Tak lupa penulis sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam proses pembuatan karya ilmiah ini, baik pelaksanaan maupun penulisannya. Rasa terima kasih ini penulis sampaikan kepada :
1.      Orang tua dan Kakak tercinta yang selalu mendukung penulisan ini, baik moril maupun materil
2.      Ibu Titi Patmah, A.Ma.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Cinangka 3
3.      Bapak dan Ibu Dewan Guru SDN Cinangka 3
4.      Rekan Mahasiswa ............... Ciruas
Semoga penulisan karya ilmiah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca sekalian, Amin.

Ciruas,   November 2010


Penulis


i
 


ABSTRAK

Sains berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara menyeluruh. Dengan demikian sains bukan hanya penguasaaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,  konsep-kosnep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Siswa harus terbiasa meneliti setiap peristiwa yang terjadi pada dirinya dan juga alam sekitarnya Dalam penulisan karya ilmiah ini penulis mengambil tema “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga  Terhadap Nilai Siswa Pada Mata Pelajaran Sains” yang mengambil tempat di SDN Cinangka 3 Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang. Pengambilan data melalui metode sensus sebanyak 22 orang siswa kelas V (Lima).
Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran, menumbuhkna minat belajar siswa. Juga memperluas  wawasan guru, serta memperbaiki kelemahan-kelemahan siswa dalam belajar dan meningkatkan prestasi siswa. Hasil dari pembahasan di dapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar atau nilai siswa pada mata pelajaran sains.
Saran dari peneliti yaitu untuk meningkatkan hasil nilai sains yang maksimal, siswa harus diberi bimbingan yang maksimal dari guru dan orang tua, karena peran orang tua dan guru  sangat membantu dalam proses belajar siswa untuk mendidik siswa berprestasi.












ii
 
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ...........................................................................        i
ABSTRAK .............................................................................................        ii
DAFTAR ISI .........................................................................................        iii
DAFTAR TABEL .................................................................................        iv

BAB I      PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang .................................................................        1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................        3
1.3 Tujuan dan Manfaat .........................................................        3
1.4. Hipotesis .........................................................................        4
1.5. Metode Penelitian............................................................        4
BAB II     GAMBARAN UMUM PENELITIAN
2.1 Keadaan Sekolah..............................................................        6
BAB III   HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil Pembahasan.............................................................        8
BAB IV    KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan ......................................................................        11
4.2 Saran ................................................................................        11
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................        12


iii
 
DAFTAR TABEL

Tabel 2.1.  Jumlah Siswa Kelas V SDN Cinangka 3
Tabel 2.2. Jumlah Guru SDN Cinangka 3
Tabel 3.1. Hasil Tes Formatif Pembelajaran sains yang menggunakan alat peraga di kelas V
Tabel 3.2. Hasil Tes Formatif Pembelajaran sains yang tidak menggunakan alat peraga di kelas V

7
7
8

9




















iv

1 komentar:

  1. SAYA TETARIK DENGAN GAYA BLOG ANDA
    TERUTAMA WALPAPER BERGERAKNYA
    BOLEH SAYA BELAJAR TENTANG ITU...
    INFOKAN KE edie.edien@gmail.com atau ( 0331 ) 7783566...info anda amal ibadah yang sngat luar biasa

    BalasHapus