Bagi seorang guru tentu saja sekarang ini disibukan dengan kebijakan baru yang mungkin saja membuat guru tersebut bingung apalagi guru SD yang usianya sudah lumayan mendekati pensiun mungkin tambah bingung dengan peraturan baru tersebut, sebelumnya membuat RPP itu simple saja tetapi seiring dengan kemajucean di bidang pendidikan dan dalam rangka mencetak siswa yang bermutu maka pada tahun 2012 pemerintah menetapkan peraturan baru tentang cara membuat RPP yaitu yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Berkarakter Bangsa, seperti apa contohnya sudah saya poskan dibawah ini tapi yang saya tulis adalah contoh RPP Berkarakter Bangsa Mata Pelajran Bahasa Ingris Kelas 1 semester 2, tapi pada dasarnya teorinya sama kalau kita akan membuat RPP mata pelajaran lainnya, nah untuk lebih jelasnya silahkan anda baca dan cermati poin-poin dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Berkarakter Bangsa seperti dibawah ini :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : I
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetensi :
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
II. Kompetensi Dasar :
5.2 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
III. Indikator
·
Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang
didengar dengan benar
IV. Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang
didengar dengan benar
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
V. Metode Pembelajaran :
·
Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang
diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
VI.
Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
1.
Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
2.
Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang
ada dalam gambar.
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama
(sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang
diberikan).
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara berkelompok (guru
dapat memotivasi siswa agar kompak dengan kelompoknya).
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a. Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.
Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan
instruksi yang diberikan.
2.
Guru memberi apresiasi terhadap siswa yang
melakukan instruksi-instruksi dengan benar dengan mengucapkan well done, good job, atau
very good.
VII.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid
1, Esis
2.
Rekaman kaset/CD
3.
Buku-buku lain yang relevan
VIII.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
E.
Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to
the instructions and follow them.
Guru: Jump.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Skor perolehan
Nilai akhir : ____________ x 100
Skor maksimal
Pedoman Penilaian Kepribadian
Nama
Siswa
|
Dapat di percaya
|
Tanggung jawab
|
Tekun
|
Berani
|
||||||||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
1.
|
||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||
5.
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
Mengetahui,
Kepala SDN Cinangka 3
TITI PATMAH, A.Ma.Pd
NIP. 19520308 197403 2 005
|
Cinangka , ……………… 20 …
Guru Bahasa Inggris
JUPRANI, S.Pd
|
RPP di atas hanya contoh saja selanjutnya anda bisa mengembangkan RPP tersebut sesuai dengan Standar Kompetensi ( SK ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) yang ada pada Kurikulum KTSP sekolah anda.
Nah, itulah contohnya semoga bermanfaat dan jangan lupa komentarnya !!!!!!
0 Response to "Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter Bangsa M.P. Bahasa Inggris"
Post a Comment