RANCANGAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Sekolah
:
SDN .......................
Mata
Pelajaran : 1. Ipa
2. Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : 3 dan 6 / 1
Waktu
:
2 x 35 Menit
Model
Pkn :
221
I.
Standar Komperensi
1.
Ipa Kelas 3
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada mahluk
hidup.
2.
Bahasa Indonesia Kelas 6
Memahami teks dan cerita anak yang
dibacakan
II.
Kompetensi Dasar
1.
Ipa Kelas 3
Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup
2.
Bahasa Indonesia
Menulis hal-hal penting / pokok
dari suatu teks yang dibacakan / di dengarkan
III.
Tujuan Pembelajaran
1.
Ipa Kelas 3
Ø Siswa
dapatn mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
Ø Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri mahluk tak hidup
2.
Bahasa indonesia
Ø Siswa
dapat mendengarkan pembacaan teks
Ø Siswa
dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang di dengarkan
Ø Siswa
dapat meringkas teks yang di dengarkan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
·
Karakter siswa yang di harapkan
Ø Tanggung
jawab
Ø Rasa
ingin tahu
Ø Kerja
keras
IV.
Materi Pokok
1.
Ipa
Ciri – ciri dan kebutuhan mahluk hidup[
dan tak hidup
2.
Bahasa Indonesia
Teks bacaan
V.
Metode Pembelajaran
·
Tanya jawab, Diskusi , Penugasan
VI.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
Apersepsi
Ø Mengisi
daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar
Ø Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari
B.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam Kegiatan Eksplorasi
Ø
Siswa
membedakan mahluk hidup dan mahluk tak hidup
Ø
Guru
menjelaskan cirri-ciri mahluk hidup dan mahluk tak hidup
Ø
Siswa
mengamati dan mencatat cirri-ciri mahluk hidup
Ø
Mendengarkan
pembacaan teks
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
Ø
Memberi
kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut
Ø
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru secara lisan maupun tertulis
Ø
Menentukan
hal-hal penting dari teks yang didengarkan
Ø
Meringkas
teks yang didengarkan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
Ø
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø
Guru
dan siswa bertanya jawab meluruskan kesalahapahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir
Ø
Guru
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
Ø
Siswa
mengumpulkan tugas sesuai materi yang di ajarkan
Ø
Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
VII. Alat dan sumber Belajar
Ø
Sumber
Belajar : Buku Ipa kelas 3,
Buku Bina bahasa Indonesia Kelas 6
Ø
Alat
Peraga : Teks cerita, Gambar mahluk hidup dan tak hidup
VIII. Penilaian
Penilaian dilakukan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Penilaian
|
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||
“Tanggung jawab “
Sikap dan prilaku
seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia
lakukan terhadap diri sendiri, masyrakat, lingkungan ( Alam, Sosial, Budaya )
Negara dan Tuhan yang Maha Esa
“Rasa Ingin Tahu”
Sikap selalu berupaya
untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang di pelajarinya di
lihat
“ Kerja Keras “
Perilakku yang menunjukan
upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,
serta menyelesaikan tugsa dengan sebaik-baiknya
|
1. IPA
- Mengidentifikasi
cirri-ciri mahluk hidup
- mengidentifikasi
cirri-ciri mahluk tak hidup
2. B. Indonesia
- Siswa dapat mendengarkan
pembacaan teks
- Siswa dapat menentukan
hal-hal penting dari teks yang didengar
- Siswa dapat menentukan
hal-hal penting dari teks yang didengarkan berdasarkan hal-hal penting /
pokok
|
Tes lisan dan tes tertulis
|
Uraian
Isian
|
1. Ipa
- Jelaskan ciri-ciri
mahluk hidup !
- Jelaskan ciri-ciri mahluk tak hidup
2. B. Indo
- Tentukan hal-hal penting
atau pokok dari teks yang di dengarkan
- ringkaslah teks yang di
dengarkan berdasarkan hal-hal penting atau pokok
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
................................
NIP. ................................
|
|
Kadumonyong, 2015
Mahasiswa
............................
Nim. ..................
|
Soal evaluasi Kelas 3
A. Pilihlah Jawaban Yang Tepat !
1.
Kelompok
mahluk hidup yaitu …..
a.
Cacing,
semut, rumput, dan batu
b.
Cacing,
belalang, jagung dan rumput
c.
Tanah,
batu, bayam, dan semut
d.
Tanah,
rumput, belalang, dan capung
2.
Tubuhmu
sekarang lebih besar dibandingkan saat kamu masih bayi. Hal kini menunjukan
bahwa kamu …..
a.
Berkembang
biak
b.
Memerlukan
makanan
c.
Mengalami
pertumbuhan
d.
Peka
terhadap rangsang
3.
Kelompok
hewan pemakan tumbuhan yaitu …..
a.
Harimau,
kucing, dan sapi
b.
Singa,
tikus, dan ayam
c.
Kambing,
tikus, dan kucing
d.
Sapi,
kambing, dan kelinci
4.
Ular
dan cacing bergerak menggunakan ….
a.
Kaki
b.
Sayap
c.
Sirip
d.
Perut
5.
Bahan
sisa pernapasan mahluk hidup yaitu ….
a.
Karbon
dioksida
b.
Oksigen
c.
Air
seni
d.
Tinja
B. Isilah dengan jawaban yang tepat !
1.
Ayam
berkembang biak dengan cara ……
2.
Mahluk
hidup memerlukan makanan untuk …..
3.
Ikan
bernapas menggunakan …..
4.
Tumbuhan
dapat membuat makanan sendiri dengan proses ….
5.
Daun
putrid malu peka terhadap rangsang berupa …..
Teks Bacaan
Di
belakang sekolah ada sebuah kebun, kebun itu ditanami berbagai tumbuhan ada
jagung, ketimun, dan bayam. Tanah di kebun itu subur. Di dalam tanah ada cacing
dan semut. Cacing membantu menyuburkan tanah.
Di
kebun ada mahluk hidup dan benda tidak hidup. Tumbuhan jagung, ketimun, dan
bayam termasuk mahluk hidup. Tanah termasuk benda tidak hidup.
Di
sekitar kita terdapat mahluk hidup dan benda tidak hidup. Mahluk hidup
mempunyai cirri-ciri tertentu. Cirri-cirinya yaitu :
1. Mahluk
hidup bernapas
Pada
saat bernapas kita menghirup oksigen, selanjutnya kita menghembuskan karbon
dioksida dan uap air. Manusia bernapas menggunakan paru-paru, hewan darat
bernapas dengan paru-paru contohnya kucing dan kambing. Hewan air bernapas
menggunakan insang, contohnya ikan dan berudru katak.
2. Mahluk
hidup memerlukan makanan
Mahluk
hidup memerlukan makanan untuk menghasilkan tenaga. Makanan manusia ada yang
berasal dari tumbuhan dan hewan. Makanan hewan juga ada yang dari tumbuhan dan
daging, contoh hewan pemakan tumbuhan yaitu, kambing, sapi, dan kelinci.
Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan cara potosintesis.
3. Mahluk hidup bergerak
Manusia
berjalan dan berlari menggunakan kaki. Kucing dan kambing bergerak menggunakan
kaki. Burung dan lalat terbang menggunakan sayap. Ikan bergerak menggunakan
sirip. Ular dan cacing bergerak menggunakan perut.
4. Mahluk
Hidup Tumbuh
Semua
mahluk hidup mengalami pertumbuhan. Tubuhmu yang kecil tumbuh menjadi besar.
5. Mahluk
hidup berkembang biak
Mahluk
hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya
6. Mahluk
hidup peka terhadap rangsang
Mahluk
hidup peka terhadap rangsang dapat berupa panas, dingin, cahaya, dan bau.
Rangsang juga dapat berupa bunyi, rasa, dan sentuhan. Daun putri malu peka
terhadap rangsang sentuhan.
7. Mahluk
hidup mengeluarkan bahan sisa
Karbon
dioksida termasuk bahan sisa pernapasan mahluk hidup.
Soal Evaluasi Kelas 6
1. Tulislah hal-hal penting dari teks yang kalian
simak tadi !
|
2. Buatlah ringkasan teks yang kalian simak tadi !
|
0 Response to "Contoh RPP Pembelajaran Kelas Rangkap ( PKR ) Model 221"
Post a Comment