L
A P O
R A N
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
MODEL KULIAH KERJA NYATA BERBASIS SEKOLAH
TANGGAL ............................................
Oleh
J U P R A N I
NIM
: 0811087
Sekolah
Dasar Negeri Cinangka 3
Kecamatan
Cinangka
Kabupaten
Serang Provinsi Banten
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA
MASYARAKAT
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BAB I
P E N D A H U L U A N
- Analisisi Situasi
Kaupaten Serang merupakan wilayah yang berdiri sejak beberapa
tahun yang lalu. Kabupaten Serang terdiri dari 28. Di Kecamatan Cinangka terdapat
SDN Cinangka 3, salah satu sekolah dasar yang berada di Kecamatan Cinangka.
SDN CInangka 3 secara resmi berdiri pada tahun 1982,
yang sebelumnya merupakan tanah kosong yang dikelilingi oleh perkebunan. Dari
tanah kosong tersebut didirikanlah sekolah yang dibiayai oleh pemerintah pusat.
Awal mula bangunannya terdiri dari 6 lokal, 1 lokal ruang guru, dan 5 lokal
ruang kelas. Letak geografis sekolah tersebut terletak di cinangka, sehingga
sekolah tersebut dinamakan SDN Cinangka 3 karena di Desa cinangka terdapat
banyak Sekolah dasar yaitu SDN Cinangka 1, SDN Cinangka 2 dan SDN Cinangka 3.
Dari hasil wawancara yang diperoleh bahwa masyarakat di
Kampung CInangka sebagian besar merupakan pendatang dari berbagai daerah dengan
mata pencaharian sebagai pedagang dan tani/para penggarap lahan. Masyarakat
sebagian besar hanya mengenyam pendidikan sampai sekolah dasar karena cukup
menurut mereka sehingga hanya mampu bekerja sebagai pedagang dan petani. Menurut
pandangan masyarakat setempat bahwa pendidikan itu tidaklah penting apalagi
untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
Dari anggapan di atas kurang mendukungnya masyarakat
tersebut terhadap pendidikan sehingga kurangnya motivasi para orangtua untuk
menyekolahkan anaknya ke sekolah.
- Permasalahan
Dalam melaksanakan KKN Berbasis Sekolah yang bertempat
di SDN Cinangka 3, penulis menemukan berbagai permasalahan diantaranya :
- Upaya meningkatkan lingkungan sekolah yang kondusif terutama bagi pembelajaran siswa di kelas sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
- Dibutuhkan penguatan program ekstrakurikuler SD yang berbasis potensi lokal
- Perlunya penataan lingkungan sekolah
- Pemberdayaan komite sekolah agar kinerja komite sekolah SDN Cinangka 3 dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.
- Tujuan
- Membantu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah terutama dalam prestasi belajar siswa
- Membantu membimbing siswa dalam ekstrakurikuler di SDN Cinangka 3
- Membantu sekolah dalam menata lingkungan sekolah
- Mengaktifkan kembali peran serta fungsi komite sekolah di SDN Cinangka 3.
- Sasaran
Sasaran yang ingin penulis capai dalam KKN Berbasis Sekolah
ini adalah:
- Peningkatan prestasi belajar yang harus dicapai oleh siswa
- Peningkatan motivasi dan kreativitas siswa dalam ekstrakurikuler
- Tercapainya penataan sekolah yang kondusif
- Berjalannya fungsi komite sekolah sehingga dapat membantu proses pengembangan mutu sekolah
- Lokasi KKN
Tempat peneliti melaksanakan KKN Berbasis Sekolah adalah
SDN CInangka 3, yang terletak di Kampung Cinangka Desa Cinangka Kecamatan Cinangka
Kabupaten Serang (Peta Lokasi Terlampir)
.
- Mahasiswa dan Dosen Pembimbing
Lapangan
- Mahasiswa
? Nama : JUPRANI
? NIM : 0811087
? Kelas /
Semester : Konsentrasi IPA / 7
- Dosen Pembimbing Lapangan
? Nama : Drs. Widjojoko, M.Pd
? NIP : 195911191783031002
? Dosen MK :
BAB II
PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN
- Perencanaan Program
- Sosialisasi
Progam KKN Tematik / KKN Berbasis Sekolah
KKN berbasis sekolah merupakan salah satu gagasan yang
diterapkan untuk meningkatkan pendidikan umum. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan
lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran siswa. Dengan demikian, ia bukan
sekedar cara demokratis melibatkan siswa tetapi akan lebih banyak pihak dalam
pengambilan keputusan. Keterlibatan itu tidak berarti banyak jika keputusan yang
diambil tidak membuahkan hasil yang lebih baik.
Kita belum memiliki pengalaman untuk mengaitkan penerapan
KKN Berbasis Sekolah dengan prestasi belajar murid. Di Amerika Serikat (David
Peterson, Eric-Digests, 2002) upaya mengaitkan KKN Berbasis Sekolah dengan prestasi
belajar murid masih problematik. Belum banyak penelitian kuantitatif yang telah
dilakukan dalam topik ini. Selain itu, masih diragukan apakah benar penerapan
KKN Berbasis Sekolah berkaitan dengan prestasi murid. boleh jadi masih banyak
faktor lain yang mungkin mempengaruhi prestasi itu setelah diterapkannya KKN Berbasis
Sekalah. Masalah penelitian ini makin di perparah dengan tidak adanya definisi
standar mengenai KKN Berbasis Sekolah. Studi yang dilakukan tidak selamanya
mengindikasikan sejauh mana sekolah telah mendistribusi kan kembali
wewenangnya.
Salah satu studi yang dilakukan yang menelaah ratusan
dokumen justru menunjukkan bahwa banyak contoh, KKN Berbasis Sekolah tidak
mencapai tujuan yang ditetapkan. Studi itu menunjukkan bahwa peningkatan prestasi
murid tampaknya hanya terjadi di sejumlah sekolah yang dijadikan pilot studi
dan dalam jangka waktu tidak lama pula.
KKN Berbasis Sekolah tidak boleh dinyatakan gagal
sebelum memperoleh kesempatan yang adil untuk diterapkan. Banyak program yang
tidak berkonsentrasi pada prestasi pendidikan, dan bayak pula yang merupakan
variasi dari model hierarkis tradisional ketimbang penataan ulang wewenang pengambilan
keputusan secara aktual.
Pengalaman penerapan di negara lain menunjukan bahwa
daerah yang benar-benar mendelegasikan wewenang secara substansial kepada
sekolah cenderung memiliki pimpinan yang mendukung eksperimentasi dan yang memberdayakan
pihak lain. Ada indikasi bahwa pembaruan yang berhasil juga mengharuskan adanya
jaringan komunikasi, komitmen finansial terhadap pertumbuhan profesinal,
dukungan dari semua komponen komunitas sekolah. Selain itu, pihak yang terlibat
harus benar-benar mau dan siap memikul peran dan tanggung jawab baru. Para guru
harus disiapkan memikul tanggung jawab dan menerima kewenangan untuk
berinisiatif mengangkat pembelajaran dan bertanggung jawab atas kinerja mereka.
Penerapan KKN Berbasis Sekolah yang efektif seyogyanya dapat mendorong kinerja
kepala sekolah dan guru yang pada gilirannya akan meningkatkan prestasi murid.
Oleh sebab itu, harus ada keyakinan bahwa KKN Berbasis
Sekolah memang benar-benar akan berkontribusi bagi peningkatan prestasi murid.
Ukuran prestasi harus ditetapkan multidimensional, jadi bukan hanya pada
dimensi prestasi akademik. Dengan taruhan seperti itu, daerah-daerah hanya menerapkan
KKN Berbasis Sekolah sebagai model akan memiliki peluang yang kecil untuk
berhasil.
- Identifikasi
Permasalahan, Potensi dan Kebutuhan Bantuan Program
Adapun
identifikasi permasalahan yang penulis temukan yaitu :
a.
Upaya meningkatkan lingkungan sekolah yang kondusif
terutama bagi pembelajaran siswa di kelas, sehingga dapat meningkatan prestasi
belajar siswa
b.
Dibutuhkan penguatan program ekstrakurikuler SD yang berbasis
potensi lokal
c.
Perlunya penataan lingkungan sekolah
d.
Pemberdayaan komite sekolah agar kinerja komite sekolah
SD Tegaldawa dapat menjalankan fungsinya
Potensi
yang ada diantaranya :
? Siswa
sekolah yang mendukung dalam peningkatan pembelajaran siswa
? Kinerja
kepala sekolah yang baik dalam menjalankan fungsinya
? Siswa-siswi
yang mampu meningkatkan prestasi hasil belajar
Adapun
kebutuhan bantuan program yaitu :
? Sarana dan
prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran siswa
? Kerjasama yang
baik antara semua warga sekolah dalam menata lingkungan sekolah
? Adanya
hubungan yang baik antara sekolah dengan komite sekolah dalam pengembangan mutu
sekolah
- Program
Kegiatan
a.
Meningkatkan lingkungan sekolah yang kondusif terutama
bagi pembelajaran siswa di kelas, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa
b.
Upaya memberikan penguatan program ekstrakurikuler SD
yang berbasis potensi lokal
c.
Penataan lingkungan sekolah
d.
Memberdayakan komite Sekolah
- Pelaksanaan Program
1. Profil Sekolah
a.
Visi dan Misi SDN CInangka 3
Visi :
“Unggul dan
Berprestasi di Bidang Pendidikan”
Misi :
1.
Berakhlak Mulia Dalam Prilaku Kehidupan
2.
Berprestasi dalam pembelajaran
3.
Menjadi guru professional
4.
Menjaga keharmonisan lingkungan
b.
Tujuan SDN Cinangka 3
? Siswa beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
? Siswa
sehat jasmani dan rohani
? Siswa memiliki
dasar-dasar pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melanjutkan
pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi
? Mengenal
dan mencintai bangsa, masyarakat dan kebudayaan
? Siswa
kreatif dan bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus-menerus.
c. Profil Sekolah
? Nama
Sekolah : SDN
Cinangka 3
? Nama
Kepala Sekolah : TITI PATMAH,
A.Ma.Pd
? NSS : 101.280.432.020
? Status
Sekolah : NEGERI
? Alamat
Kampung :
Kp. Cinangka
Desa :
Cinangka
Kecamatan :
Cinangka
Kabupaten :
Serang
Provinsi :
Banten
? Sumber
daya manusia / personil sekolah
Table
1
Jabatan dan Status Sekolah
No
|
Jabatan
|
PNS
|
Non PNS
|
||||
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
||
1
|
Kepala Sekolah
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Guru Kelas
|
1
|
5
|
6
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Guru PAI
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Guru Penjas
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
5
|
Guru
Matematika
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Guru Bahasa
Inggris
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
7
|
Guru KTK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
8
|
Penjaga
Sekolah
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
2
|
8
|
10
|
2
|
1
|
3
|
Table
2
Pendidikan
No
|
Pendidikan
|
L
|
P
|
Jml
|
Ket
|
1
|
S1
|
-
|
3
|
3
|
|
2
|
D.2
|
2
|
8
|
10
|
|
3
|
SMA
|
1
|
-
|
1
|
|
4
|
SMP
|
-
|
-
|
-
|
|
5
|
SD
|
1
|
-
|
1
|
|
Jumlah
|
4
|
11
|
15
|
Table
3
Data Siswa
Jenis Kelamin
|
Kelas
|
Jumlah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
Laki-laki
|
12
|
12
|
10
|
8
|
9
|
10
|
61
|
Perempuan
|
8
|
9
|
13
|
12
|
11
|
16
|
69
|
Jumlah
|
20
|
21
|
23
|
20
|
20
|
26
|
129
|
Table
4
Latar Belakang Pendidikan Orang tua Siswa
No
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
SD
|
80
|
|
2
|
SMP
|
40
|
|
3
|
SMA
|
7
|
|
4
|
S1
|
2
|
Tebel
5
Potensi Orangtua Siswa
No
|
Pekerjaan
|
Kelas
|
Jml
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|||
1
|
PNS
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
2
|
2
|
Wiraswasta
|
12
|
18
|
8
|
6
|
6
|
7
|
57
|
3
|
Tani
|
8
|
12
|
10
|
15
|
5
|
3
|
53
|
4
|
Buruh
|
1
|
2
|
3
|
6
|
3
|
2
|
17
|
Jumlah
|
21
|
32
|
22
|
27
|
14
|
13
|
129
|
Table
6
Susunan Komite Sekolah
No
|
Jabatan
|
Nama
|
Dari Unsur
|
Pekerjaan
(PNS/Swasta)
|
1
|
Ketua
|
N. Suhendi
|
Orang tua siswa
|
Swasta
|
2
|
Sekretaris
|
Adih
|
Orang tua siswa
|
Swasta
|
3
|
Bendahara
|
Hamidun
|
Guru
|
PNS
|
4
|
Anggota
|
Jamsuri
|
Tokoh Masyarakat
|
Swasta
|
Nursaid
|
Tokoh Masyarakat
|
Swasta
|
||
Firdaus
|
Tokoh Masyarakat
|
Swasta
|
||
M. Suhandi
|
Tokoh Masyarakat
|
Swasta
|
||
Iman
|
Tokoh Masyarakat
|
Swasta
|
Table
7
Sarana dan Prasarana Sekolah
No
|
Sarana
|
Jumlah
|
1
|
Ruang Kelas
|
6
|
2
|
Ruang Kepala Sekolah dan Guru
|
1
|
3
|
WC Guru
|
2
|
4
|
WC Siswa
|
2
|
5
|
Lapangan Olah raga
|
1
|
6
|
Lapangan Upacara
|
1
|
Table
8
Data Inventaris Sekolah
No
|
Sarana
|
Jumlah
|
1
|
Kursi Belajar
|
240
|
2
|
Meja Belajar
|
120
|
3
|
Papan Tulis
|
6
|
4
|
Lemari Kantor
|
6
|
5
|
Lemari Kelas
|
6
|
6
|
Meja Kantor
|
2
|
7
|
Kursi Kantor
|
9
|
8
|
Meja Guru
|
16
|
9
|
Kursi Guru
|
16
|
10
|
Kursi Tamu
|
2
|
11
|
Alat-alat Olahraga
|
7
Macam
|
12
|
Kipas Angin
|
-
|
13
|
Dispenser
|
1
|
14
|
Perangkat Komputer
|
1
Set
|
15
|
Alat Seqip
|
1
Set
|
2.
Realisasi Program Kegiatan
- Program Kegiatan :
1.
Hari Senin
........................................................
|
:
|
Pembukaan KKN di SDN Sukalila
Kecamatan Serang
|
2.
Hari Kamis dan Senin
.................................................................
|
:
|
Mencari informasi tentang kondisi
komite sekolah di SDN Cinangka 3
Dan Mengadakan wawancara dengan
pihak-pihak terkait (kepala sekolah, ketua komite sekolah, guru-guru serta
masyarakat sekitar)
|
3.
Hari Selasa dan Rabu
.........................................
|
:
|
Mengadakan bimbingan mata
pelajaran IPA diluar jam sekolah (belajar)
|
4.
Hari Jumat
......................................
|
:
|
Melaksankan latihan rutin pramuka
materi LKBB
|
5.
Hari Sabtu
......................................
|
:
|
?
Melaksanakan kebersihan sekolah
?
Menata perpustakaan
?
Membuat Mading (majalah dinding) di sekolah
|
6.
Hari Senin, Selasa, Rabu
......................................
|
:
|
Melaksanakan bimbingan pelajaran
Matematika diluar jam sekolah (belajar)
|
7.
Hari Jum’at
......................................
|
:
|
Melatih ekstrakulikuler kesenian
angklung dan Qosidah
|
8.
Hari Senin
......................................
|
:
|
Ø Melaksanakan
kebersihan sekolah
Ø Menata
perpustakaan
|
9.
Hari Selasa
......................................
|
:
|
Ø Membuat
Mading (majalah dinding) di sekolah
Ø Membuat
papan petugas upacara dan papan pengumunan
|
10. Hari
Jum’at
......................................
|
:
|
Melatih ekstrakulikuler kesenian
menyanyi menggunakan music piano
|
11. Hari
Minggu
......................................
|
:
|
Melaksanakan kegiatan
ekstrakulikuler olahraga ( tebis meja dan sepak takraw )
|
12. Hari
selasa, rabu
......................................
|
:
|
Melatih kesenian tari dan drama
|
13. Hari
kamis
......................................
|
:
|
Penutupan dan perpisahan KKN di
SDN Sukalila Kecamatan Serang
|
- Sasaran Program
1)
Melaksanakan bimbingan rutin di sekolah SDN Cinangka 3
untuk siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6
2)
Bimbingan pramuka ditujukan untuk siswa-siswi kelas 4,
5 dan 6 di SDN Cinangka 3
3)
Bimbingan Kesenian ditujukan untuk siswa-siswi keas 4,
5 dan 6 SDN Cinangka 3
4)
Mengadakan kebersihan sekolah, pembuatan Mading, papan
pengumunan dan papan petugas upacara serta menata perpustakaan diadakan di SDN Cinangka
3
5)
Melaksanakan wawancara dan memberdayakan komite sekolah di SDN Cinangka
3
- Tempat Pelaksanaan
Penulis melaksanakan KKN di SDN Cinangka 3 Kecamatan Cinangka
Kabupaten Serang.
- Materi, Media, Metode dan Strategi Kegiatan
Dalam mengadakan bimbingan rutin, materi yang diberikan
sesuai dengan kebutuhan anak yaitu mata pelajaran Matematika dan Sains. Media
dan metode yang digunakan sesuai dengan materi sehingga anak lebih mudah
memahami materi yang diberikan oleh guru
Adapun bimbingan Pramuka yang diberikan diawali dengan
pengenalan pramuka, latihan baris berbaris serta permainan-permainan dalam pramuka
hingga adanya ketertarikan pada anak untuk mendalami dan mengikuti latihan
pramuka secara rutin.
Dalam latihan kesenian yang diberikan mahasiswa adalah
tentang bagaimana cara menyanyi sesuai dengan notasi lagu dan memainkan alat
music angklung, piano , qosidah dan juga mahasiswa melatih seni tari dan drama
( cabaret ). Selain itu mahasiswa juga melatih ekstrakulikuler di bidang
olahraga tenis meja dan sepak takraw.
Penataan sekolah dimulai dengan membersihkan seluruh kelas,
ruang guru dan kantor, kamar mandi guru dan siswa, serta halaman sekolah dimana
dilakukan oleh peserta KKN dan semua warga sekolah. Kemudian peserta KKN membuat
Mading dan menempatkan Mading dengan posisi yang tepat, agar anak-anak sekolah
dapat melihat dan mengetahui berbagai kreasi dan informasi yang terdapat dalam
Mading. Peserta KKN juga membuatkan papan pengumunan agar memudahkan siswa
dalam melihat dan mengetahui informasi-informasi yang akan disampaikan oleh
gurunya kemudian membuatkan papan petugas upacara agar meudahkan siswa dan guru
dalam menentukan siswa-siswi yang menjadi petugas upacara setiap apelk senin
pagi. Dalam menata perpustakaan, peserta KKN menempel kan kreasi siswa di ruang
perpustakaan dan menata buku-buku.
Adapun memberdayakan komite sekolah dari wawancara yang diperoleh
dari berbagai pihak.
- Keterlibatan Mahasiswa
Dalam pelaksanaan KKN Berbasis Sekolah mahasiswa adalah
sebagai peneliti sekaligus segabai fasilitator dalam kegiatan KKN Brebasis
Sekolah di SD Negeri Cinangka 3 Kecamatan cinangka Kabupaten Serang. Dalam
kegiatan ini mahasiswa membantu guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
dan dalam kegiatan ekstrakulikuler serta meningkatkan keharmosnisan lingkungan
sekolah dengan masyarakt atau komite sekolah agar tercipta lingkungan sekolah
yang kondusif.
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. KESIMPULAN
Kegiatan KKN
Berbasis Sekolah yang dilaksanakan di SDN Cinangka 3 adalah kegiatan untuk meningkatkan lingkungan
sekolah yang kondusif terutama bagi pembelajaran siswa di kelas dan membantu
membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SDN Cinangka 3. Selain itu
juga KKN berbasis sekolah ini membantu sekolah dalam menata lingkungan sekolah dan
mengaktifkan kembali peran serta fungsi komite sekolah di SDN Cinangka 3.
B. REKOMENDASI
Dengan dilaksankannya KKN Berbasis Sekolah di SDN
Cinangka 3 penulis berharap agar program-program yang telah dilaksankan
dilanjutkan secara rutin oleh guru-guru di SDN Cinangka 3, agar tujuan yang
diharapkan bisa tercapai dan juga siswa lebih berprestasi lagi baik didalam
pembelajaran dan juga dalam kegiatan ekstrakulikulernya sehingga siswa mampu
bersaing dengan siswa sekolah-sekolah dasar lainya.
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Pedoman Kuliah Kerja Nyata.Kampus Serang : Universitas Pendidikan
Indonesia
http://lemlit.ugm.ac.id/KKNManajemnBerbasisSekolah/.doc
0 Response to "Laporan KKN Berbasis Sekolah"
Post a Comment