BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penulis merasa terpanggil untuk
melakukan penelitian khususnya mengenai menurunnya nilai sains di kelas V
(Lima). Penulis ingin mengetahui kenapa nilai siswa cenderung menurun, mungkin
karena kurang belajar di rumah atau ada faktor lain.
Sains
berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara menyeluruh. Dengan
demikian sains bukan hanya penguasaaan kumpulan pengetahuan yang berupa
fakta-fakta, konsep-kosnep atau
prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Siswa harus
terbiasa meneliti setiap peristiwa yang terjadi pada dirinya dan juga alam
sekitarnya.(Muhamad Samsul Wardani, 2008: 1).
Pembelajaran
sain di sekolah dasar bertujuan agar :
1.
Mengembangkan
rasa ingin tahu dan supaya bersikap positif terhadap dan tekhnologi
2.
Mengembangkan
keterampilan proses
3.
Mengembangkan
pengetahuan dan pemahaman konsep yang
bermanfaat
Agar
tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar
dapar berhasil dengan baik hendaknya guru menggunakan pendekatan, metoda, dan
strategi pembelajaran yang mamapu menciptakan suasana belajar yang dapat
menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, mengembangkan sikap serta prilaku
kreatif dan inovatif pada anak. Maka untuk itu diperlukan sarana dan prasarana
belajar yang menunjang keberhasilan pembelajaran, yaitu melalui pemanfaatan
sumber belajar antara lain berupa peralatan sederhana (Galton dan Harlen, 1990:
4).
penggunaan
alat peraga sederhana merupakan solusi dari masalah yang ada pada penelitian,
sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep gaya magnet pada
pembelajaran.
Dengan
menggunakan media pembelajaran atau alat peraga konsep abstrak sains dapat disajikan dalam
bentuk konkrit, siswa lebih banyak mengikuti pembelajaran dengan gembira, karena baik langsung maupun
tidak langsung akan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa,
sehingga minat belajrnya semakin besar, dan siswa akan menyadari adanya
hubungan antara benda-benda yang ada di sekitarnya (Resffendi, 1992: 140).
Dengan data sementara
bahwa rendahnya nilai sains di kelas ( V
) lima di karenakan siswa kurang antusias terhadap pelajaran tersebut, ini mungkin
dikarenakan siswa kurang tertarik dengan pelajaran sains atau sarana penunjang lainnya
seperti alat peraga tidak digunakan dalam pembelajaran sains dan buku pelajaran
kurang tersedia, atau mungkin juga guru cara menyampaikan materinya kurang menarik
sehingga siswa merasa jenuh.
1.2 Rumusan Masalah
Pada
penelitian ini peneliti merumuskan beberapa permasalahan yang sekiranya relevan
dan judul penelitian menjadi lebih jelas, maka permasalahan penelitian
dirumusakan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut :
- Apakah pembuatan alat peraga dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran sains ?
- Sejauhmana penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains ?
1.3 Tujuan dan Manfaat
1.3.1. Dalam penelitian ini tujuan yang
ingin dicapai adalah ;
1. Mengetahui
kemampuan siswa dalam belajar
2. Menumbuhkan
semangat belajar
3. Meningkatkan
aktifitas siswa dalam belajar
4. Memperbaiki
kelemahan-kelemahan yang dialami siswa
5. Meningkatkan
hasil belajar siswa
1.3.2.
Manfaat :
a. Manfaat
Bagi Peneliti
a)
Hasil penelitian
ini dapat digunakan dalam mengajar dan
sebagai acuan untuk proses pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan
b)
Sebagai tolak
ukur dalam pelajaran Sains siswa SD
b. Manfaat
Bagi Guru
a)
Meningkatkan
kreatifitas.
b)
Menciptakan guru
professional.
c)
Meningkatkan pola ajar yang bermutu.
c. Manfaat
Bagi Siswa :
a)
Meningkatkan
aktifitas belajar siswa
b)
Meningkatkan
pemahaman atau penguasaan sains
c)
Meningkatan
hasil belajar siswa
1.4.
Hipotesis
Hipotesis tindakan diberikan untuk
meningkatkan optimistis guru dalam menggunakan alat peraga dalam pembelajaran
sains.. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
”Jika alat peraga digunakan dalam
pembelajaran sains di kelas V, maka
hasil belajar siswa meningkat.”
1.5. Metode Penelitian
a.
Populasi
Objek
peneliti pada penelitian pengaruh penggunaan alat peraga terhadap mata
pelajaran sains di kelas V SDN Cinangka 3 Desa Cinangka Kecamatan Cinangka
Kabupaten Serang Provinsi Banten jumlah siswa 22 orang.
b.
Responden /
Sample
Penelitian
pengaruh penggunaan alat peraga terhadap mata pelajaran sains dilaksanakan
secara total satu kelas yaitu kelas V SDN Cinangka 3
c.
Metode
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengelolaan data/metode pengambilan
data menggunakan sistem sensus
BAB II
GAMBARAN UMUM PENELITIAN
2.1.Keadaan Sekolah
Yang
dijadikan subjek serta objek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN
Cinangka 3 Desa Cinangka Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten.
Letak geografis sekolah tersebut terletak di cinangka, sehingga sekolah
tersebut dinamakan SDN Cinangka 3 karena di Desa cinangka terdapat banyak
Sekolah dasar yaitu SDN Cinangka 1, SDN Cinangka 2 dan SDN Cinangka 3.
SD Negeri Cinangka 3 memiliki enam ruang
kelas, satu ruang guru, satu ruang kepala sekolah 4 WC yang dilengkapi dengan
air dari dalam tanah dan juga ada ruang UKS. Jumlah siswa SDN Cinangka 3
keseluruhan yaitu ada 123 siswa yang dibimbing oleh 1 orang kepala sekolah, 10
tenaga pengajar serta 1 orang penjaga sekolah.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cinangka 3 dengan
jumlah siswa 22 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan
seperti yang terlhat dalam tabel dibawah ini :
Table 2.1
Jumlah Siswa Kelas V SDN Cinangka 3
Kelas
|
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
|
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||
V
( Lima )
|
10
|
12
|
22
|
Table 2.2
Jumlah Guru SDN Cinangka 3
No
|
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
|
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||
1
|
3
|
8
|
11
|
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1
Hasil dan Pembahasan
3.1.1
Berdasarkan
hasil penelitian pengaruh alat peraga dalam pelajaran sains dapat meningkatkan
aktifitas siswa dalam belajar
3.1.2
Pengaruh
penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sains juga dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, itu
terbukti dari tabel berikut ini :
Tabel
3.1
Hasil
tes formatif pembelajaran sains yang tidak menggunakan
alat peraga di Kelas V
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
1
|
MASYUNAH
|
7
|
2
|
SOHALIAH
|
6
|
3
|
FIKRI OKTARIADI
|
7
|
4
|
TATU LESTARI
|
4
|
5
|
NURALAM
|
4
|
6
|
SITI ZAENAB
|
6
|
7
|
HAFIUDIN
|
6
|
8
|
MEGA PRIHASTINI
|
6
|
9
|
TIPANI RIZQIANISA
|
6
|
10
|
FAHRUL CANDRA
|
5
|
11
|
WAWAT IRAWATI
|
5
|
12
|
AWAL HUDRIYANI
|
6
|
13
|
IVA FARIDA YANTI
|
6
|
14
|
DEVI YANTI
|
6
|
15
|
RIANTI NURHIDAYAT
|
7
|
16
|
ARUL
|
6
|
17
|
IRHAM ERNANDA
|
7
|
18
|
DELA
|
7
|
19
|
DESITA FITRIAH
|
6
|
20
|
SYAHRUL HIDAYAT
|
5
|
21
|
HERDI KHAERUL I
|
4
|
22
|
RAHMAT DIBA
|
5
|
JUMLAH
|
127
|
|
RATA-RATA
|
5.77
|
Tabel
3.2
Hasil
tes formatif pembelajaran sains yang tidak menggunakan
alat peraga di Kelas V
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
1
|
MASYUNAH
|
9
|
2
|
SOHALIAH
|
7.5
|
3
|
FIKRI OKTARIADI
|
8
|
4
|
TATU LESTARI
|
6.5
|
5
|
NURALAM
|
7
|
6
|
SITI ZAENAB
|
7.3
|
7
|
HAFIUDIN
|
7.5
|
8
|
MEGA PRIHASTINI
|
7
|
9
|
TIPANI RIZQIANISA
|
6.5
|
10
|
FAHRUL CANDRA
|
9
|
11
|
WAWAT IRAWATI
|
7
|
12
|
AWAL HUDRIYANI
|
8.5
|
13
|
IVA FARIDA YANTI
|
8
|
14
|
DEVI YANTI
|
6.5
|
15
|
RIANTI NURHIDAYAT
|
9
|
16
|
ARUL
|
7
|
17
|
IRHAM ERNANDA
|
8.5
|
18
|
DELA
|
7
|
19
|
DESITA FITRIAH
|
8
|
20
|
SYAHRUL HIDAYAT
|
8
|
21
|
HERDI KHAERUL I
|
7.5
|
22
|
RAHMAT DIBA
|
7.5
|
JUMLAH
|
167.8
|
|
RATA-RATA
|
7.62
|
Keterangan
:
Berdasarkan
tabel diatas, bahwa pembelajaran sains dengan menggunakan alat peraga dan yang
tidak menggunakan alat peraga menunjukan perbedaaan yang sangat signifikan. Hasil
pembelajaran dengan menggunakan alat peraga lebih baik dari yang tidak
menggunakan alat peraga itu terlihat jelas pada rata-rata nilai masing-masing
pembelajaran.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1.Kesimpulan
Dari hasil pengamatan
tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan menggunakan
alat peraga dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar dan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan alat peraga konsep yang abstrak akan
menjadi konkret, sehingga mudah dipahami siswa. Dan siswa akan antusias dalam
belajar karena pembelajaran menjadi menarik karena siswa menemukan hal yang
baru dalam pembelajaran, yang selama ini tidak mereka temukan dalam kehidupan
sehari-hari. Penggunaan pendekatan belajar dengan menggunakan alat peraga
menumbuhkan sifat kritis yang dinyatakan dalam wujud kemauan bertanya dan
mengemukakan pendapat serta melatih keterampilan
siswa dalam mengkomunkasikan hasil suatu kegiatan baik secara lisan maupun
secara tertulis.
4.2.Saran
Untuk meningkatkan nilai sains tentang
minat atau kemauan keras siswa untuk giat belajar. Oleh karena itu peran guru
dan orang tua sangat membantu terhadap prestasi siswa.
DAFTAR
PUSTAKA
Anggoro,
M.T. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas.
2006, Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
Dan Madrasah Ibtidaiyah,
Jakarta: CV. Timur Putra Mandiri
Hatimah,
I. Susilana, R. dan Aedi, N. (2007).
Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI PRESS
Kuraesin, E. (2004). Belajar Sains Untuk Siswa SD. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa
Munandar, Dadang, R. (2004). Belajar Sains 5. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa
Nasution, N. dkk.
(2004). Pendidikan IPA di SD. Jakarta
: Universitas Terbuka
Sa’adah,
S. (2004) Sains
untuk Siswa SD Kelas V. Bandung: Titian Ilmu Bandung
Secience EducationQuality
improvement project ( SEQIP). (2003). Buku IPA Guru Kelas 5. Jakarta:
DEPDIKNAS
Sukirman, D dan Jumhana, M. (2006).
Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS
Wardani,
M.S.
(2008). Membuat Alat Peraga IPA
Sederhana. Bogor : Regina
Wardani, I.G.A.K., Wihardit. K.
(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra Udin S.
(2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
PENGARUH
PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP NILAI SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS
V SDN CINANGKA 3
Oleh
;
………………………
|
RUMUSAN MASALAH
|
METODE
PENELITIAN
1.
POPULASI
2.
DATA
SENSUS
|
HASIL PEMBAHASAN
Hasil
penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga
pada mata pelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
|
TUJUAN
Ø Mengetahui kemampuan siswa dalam belajar
Ø Menumbuhkan semangat belajar
Ø Meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar
Ø Memperbaiki kelemahan-kelemahan yang dialami
siswa
Ø Meningkatkan hasil belajar siswa
Ø
|
LATAR BELAKANG
Dengan menggunakan media
pembelajaran atau alat peraga
konsep abstrak sains dapat disajikan dalam bentuk konkrit, siswa
lebih banyak mengikuti pembelajaran
dengan gembira, karena baik langsung maupun tidak langsung akan
memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, sehingga minat
belajrnya semakin besar, dan siswa akan menyadari adanya hubungan antara
benda-benda yang ada di sekitarnya
|
GAMBARAN UMUM
Ø Yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas V
SDN Cinangka 3 terletak di Desa Cinangka Kecamatan Cinangka Kabupaten
Serang Provinsi Banten yang berjumlah 22 orang terdiri dari 10 siswa
laki-laki dan 12 siswa perempuan
|
KESIMPULAN DAN
SARAN
Kesimpulan
:
Ø siswa akan antusias dalam belajar karena pembelajaran
menjadi menarik
saran :
Ø Peran guru dan orang tua sangat penting dalam membentuk
siswanya yang cerdas dan berprestasi
|
TARGET
PEMBACA MASYARAKAT UMUM
Menurut (Hammond &
Collins, 1991 ; Jevis 1990 ; Knowles 1975 dan Lon, 1990) sebagai suatu konstruk,
kesiapan belajar mandiri adalah bagian dari kepribadian individu yang mampu dan
mau untuk belajar dengan inisiatif sendiri, dengan atau tanpa bantuan pihak lain.
Dalam hal ini penentuan tujuan belajar, metode belajar dan evaluasi hasil
belajar menurut Oddi dan Grow, kesiapan belajar mandiri merupakan bagian dari
kepribadian yang berkembang dari waktu ke waktu melalui interaksi sosial.
Menurut Guglielmino,
West dan Bentley sebagai suatu devisi operasional. Karakteristik individu yang
memiliki kesiapan belajar mandiri dicirikan oleh ; (1) kecintaan terhadap belajar,
(2) Kepercayaan diri sebagai mahasiswa, (3) Keterbukaan terhadap tantangan belajar,
(4) Sifat ingin tahu, (5) Pemahaman diri dalam hal belajar dan (6) Menerima tanggung
jawab untuk kegiatan belajarnya.
KATA
PENGANTAR
Alhamdulilah, segala
puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir karya ilmiah ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan karya ilmiah ini masih banyak kekurangan. Oleh
karena itu, dengan segenap kerendahan hati penulis menerima kritik dan saran yang
membangun dari pembaca.
Tak
lupa penulis sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu
dalam proses pembuatan karya ilmiah ini, baik pelaksanaan maupun penulisannya.
Rasa terima kasih ini penulis sampaikan kepada :
1. Orang
tua dan Kakak tercinta yang selalu mendukung penulisan ini, baik moril maupun
materil
2. Ibu
Titi Patmah, A.Ma.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Cinangka 3
3. Bapak
dan Ibu Dewan Guru SDN Cinangka 3
4. Rekan
Mahasiswa ............... Ciruas
Semoga
penulisan karya ilmiah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi
para pembaca sekalian, Amin.
Ciruas, November 2010
Penulis
i
|
ABSTRAK
Sains berhubungan
dengan cara mencari tahu tentang alam secara menyeluruh. Dengan demikian sains
bukan hanya penguasaaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-kosnep atau prinsip-prinsip saja
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Siswa harus terbiasa meneliti
setiap peristiwa yang terjadi pada dirinya dan juga alam sekitarnya Dalam
penulisan karya ilmiah ini penulis mengambil tema “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Nilai Siswa Pada Mata Pelajaran Sains”
yang mengambil tempat di SDN Cinangka 3 Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.
Pengambilan data melalui metode sensus sebanyak 22 orang siswa kelas V (Lima).
Tujuan penelitian yaitu
ingin mengetahui kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran, menumbuhkna
minat belajar siswa. Juga memperluas wawasan
guru, serta memperbaiki kelemahan-kelemahan siswa dalam belajar dan meningkatkan
prestasi siswa. Hasil dari pembahasan di dapat bahwa pembelajaran dengan
menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar atau nilai siswa pada
mata pelajaran sains.
Saran dari peneliti
yaitu untuk meningkatkan hasil nilai sains yang maksimal, siswa harus diberi
bimbingan yang maksimal dari guru dan orang tua, karena peran orang tua dan
guru sangat membantu dalam proses
belajar siswa untuk mendidik siswa berprestasi.
ii
|
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR ........................................................................... i
ABSTRAK
............................................................................................. ii
DAFTAR
ISI ......................................................................................... iii
DAFTAR
TABEL ................................................................................. iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang ................................................................. 1
1.2
Rumusan Masalah ............................................................ 3
1.3
Tujuan dan Manfaat ......................................................... 3
1.4.
Hipotesis ......................................................................... 4
1.5.
Metode Penelitian............................................................ 4
BAB
II GAMBARAN UMUM PENELITIAN
2.1
Keadaan Sekolah.............................................................. 6
BAB
III HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1
Hasil Pembahasan............................................................. 8
BAB
IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1
Kesimpulan ...................................................................... 11
4.2
Saran ................................................................................ 11
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................ 12
iii
|
DAFTAR
TABEL
Tabel
2.1. Jumlah Siswa Kelas V SDN Cinangka
3
Tabel
2.2. Jumlah Guru SDN Cinangka 3
Tabel 3.1. Hasil Tes
Formatif Pembelajaran sains yang menggunakan alat peraga di kelas V
Tabel 3.2. Hasil Tes
Formatif Pembelajaran sains yang tidak menggunakan alat peraga di kelas V
|
7
7
8
9
|
terima kasih telah berkunjung
iv
|
SAYA TETARIK DENGAN GAYA BLOG ANDA
ReplyDeleteTERUTAMA WALPAPER BERGERAKNYA
BOLEH SAYA BELAJAR TENTANG ITU...
INFOKAN KE edie.edien@gmail.com atau ( 0331 ) 7783566...info anda amal ibadah yang sngat luar biasa