RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas : III
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energy
dan sumber energi
dan sumber energi
II.
KOMPETENSI DASAR
4.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas,
gerak, getaran dalam kehidupan
seg\hari-hari.
III. INDIKATOR
·
Menunjukan adanya pegaruh
energi dalaM kehidupan sehari-hari
·
Menunjukan bahwa energi itu
ada, tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan
·
Menyebutkan macam-macam
energi yang ada dalam kehidupan sehri-hari
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui metode ceramah dan
Tanya jawab siswa dapat menunjukan adanya pegaruh energi dala kehidupan
sehari-hari
·
Melalui metode diskusi dan
Tanya jawab siswa dapat menyimpulkan bahwa energi itu ada, tidak dapat dilihat
tapi dapat dirasakan
·
Melalui metode ceramah dan
Tanya jawab siswa dapat menyebutkan macam-macam energi yang ada dalam kehidupan
sehri-hari
V.
MATERI POKOK
Energi dan
Sumber Energi
VI. METODE
v
Ceramah
v
Tanya jawab
v
Diskusi
v
demonstrasi
VII. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal (5 menit ):
-
Mengabsen /
mengisi daftar hadir
-
Mengkondisikan
Kelas
-
Apersepsi ( guru
menyalakan lampu listrik yang ada didalam kelas kemudian siswa memperhatikan
dan terjadilah diskusi kecil antara guru dan siswa, guru menjelaskan kenapa
lampu bias menyala kemudian dilanjutkan dengan materi energi dan sumber energi)
B. Kegiatan
Inti ( 45 menit ) :
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang energi
·
Siswa
menyebutkan macam-macam energi yang ada dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa
mengidentifikasi pengaru energi dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa berdiskusi
tentang energi yang terdapat dilingkungan sekitar
·
Siswa
mendemonstrasikan energi angin dengan kincir angina
·
Siswa
menyimpulkan bahwa energi itu ada, tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan
C. Kegiatan
Akhir ( 20 menit ):
Ø Guru
dan siswa membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran
Ø Evaluasi
Ø Analisis
Ø Tindak
lanjut
VIII. MEDIA ALAT DAN SUMBER
1. Alat peraga
:
- Kincir angin
- kain
- gambar
2. Sumber :
- Buku IPA untuk SD
Kelas 3
- Buku Satria IPA
untuk SD Kelas 3
IX. PENILAIAN
·
Bentuk tes :
-
Lisan
-
Tulisan
-
Perbuatan
·
Jenis Tes :
-
Objektif
·
Instrument Tes terlampir
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
AKHMAD JUAENI, S.Pd
NIP.
19710122 199009 1 001
|
Cinangka, ............................
Mahasiswa
S
U H A E T I
NIM.
820460093
|
Lampiran :
1. RANGKUMAN MATERI
ENERGI DAN SUMBERNYA
1. Berbagai energi
dalam kehidupan sehari-hari
Ada berbagai macam bentuk energy
di sekitar kita antara lain :
a.
Energy panas,
b.
Energy cahaya,
c.
Energy gerak,
d.
Energimlistrik,
e.
Energy bunyi dan
f.
Energy kimia.
2.
Sumber energy
dan penggunaannya
Energi dihasilkan dari berbagai
sumber yang diantaranya adalah :
a.
Sinar matahari
manfaatnya untuk :
-
Menjemur pakaian
mengahatkan ruangan dan memasak air
-
Mengeringkan
bahan makanan
-
Sebagai
pembengkit listrik
-
Untuk
fotosintesis tumbuhan
-
Untuk berjemur
hewan
b.
Angin adalah
udara yang bergerak. Manfaatnya untuk :
-
Menggerakan
kincir air untuk mengairi sawah
-
Membantu nelayan
mencari ikan dilaut
-
Membantu
penyerbukan dan penyebaran biji tumbuhan
-
Untuk olahraga
air, misalnya olahraga layar dan layar gantung
c.
Air manfaatnya
untuk menggerakan turbin pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
d.
Minyak tanah
manfaatnya untuk menyalakan kompor dan lampu minyak
e.
Bhan makanan
bermanfaat untuk :
-
Menggerakan
organ-organ tubuh
-
Mempertahankan
kelangsungan hidup
-
Memenuhi
kebutuhan hidup
f.
Baterai yaitu
merupakan sumber energy listrik yang tidak terlalu besar. Manfaatnya untuk
menggerakan mobil mainan, membunyikan radio dan menyalakan senter
Lampiran :
2. INSTRUMEN
PENILAIAN
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
benar !
1.
Sebutkan 2 kegunaan energi matahri
?
2.
Apa yang disebut dengan angin?
3.
sebutkan 2 macam energi yang ada
dalam kehidupan sehari-hari?
4.
Apa kegunaan minyak tanah ?
5.
Apa yang dimaksud dengan PLTA ?
Kunci Jawaban :
- Untuk menjemur pakaian dan Fotosintesis tumbuhan
- angina adalah udara yang bergerak
- panas dan listrik
- untuk menyalakan kompor
- Pembangkit Listrik Tenaga air
Skor penilaian : bobot nilai
2
5 x 2 = 10
Tabel Hambatan Dan
Keuntungan Dalam Membuat RPP
NO
|
HAMBATAN
|
KEUNTUNGAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Dalam membuat RPP kebingungan dalam menentukan metode yang
tepat
|
Membuat lebih kreatif lagi
|
|
2.
|
Kesulitan dalam menentukan materi pengait yang menarik
dalam apersepsi
|
Menambah wawasan dan bisa lebih menguasai materi
|
Kesimpulan :
Dalam membuat
rencana pelaksanaan pembelajaran saya
sadari masih menemukan kesulitan-kesulitan yaitu menentukan metode pembelajaran
yang cocok agar pembelajaran tidak monoton dan kesulitan dalam menentukan
materi apersepsi agar memudahkan siswa dalam menerima materi yang akan di
ajarkan. Untuk itu harus berdiskusi dengan teman sejawat agar rencana
pelaksanaan pembelajaran bisa sesuai dengan yang diharapkan dan hasil belajar
siswa ketika pelaksanaan pembelajaran mendapatkan hasil yang maksimal.
0 Response to "Contoh RPP BY : JUVE"
Post a Comment