ah.. sob.. moga gk pada bosen ya berkunjung.. ya walaupun ane sekarang jarang update artikel. tapi tenang aja stok artikel di blog ane kan banyak hahahah sobat tinggal cari aja yang sobat butuhkan, ya kalau gk ketemu tinggal kirim email aja ke ane.. hahahha...
kali ini ane akan share RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRAN mungkin bagi beberapa sekolah sangat membuthkannya terkait sekolah yang mengembangkan program Adiwiyata. kali ini bukan SD ya son tapi RPP ini untuk jenjang tingkat SMP, apa sih sekolah Adiwiyata itu...? penjelasan ini tidak saya ulas lagi karena di postingan sebelumnya sudah saya jelaskan secara detail dan rinci ya sob. sobat bisa cari aja di blog Juprani ini..
sobat Juparni RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA ini untuk tingkat SMP sudah menggunakan KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU, ini saya share karena menurut pengalaman teman ane agak susah juga nyari RPP Adiwiyata mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMP di mbah google... bagi sobat yang menemukan postingan artikel ini berarti anda beruntung hahahahahah wkwkwkwkk.. untuk contoh RPP nya bisa sobat liat dibawah ini... ini hanya contoh ya sob... tapi terkadang susah copy paste malah jadi acak-acakan tenang aja sob ane sudah siapkan link download nya di bawah postingan artikel ini.. tapi supata sobat pintar lebih baik budayakan membaca dulu ya agar sobat faham dan lebih pintar... udah ah basa-basi yang sudah basinya takut lama-lama nanti gk nyambung wkwkwkwk langsung saja sob inilah contoh RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRANNYA
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri 9 Cilegon
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (4 x 40 menit)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (4 x 40 menit)
A. Kompotensi Inti
KI.1
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI.3
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI.4
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator
3.3
|
Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster Lingkungan
hidup (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar.
|
3.4
|
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster Lingkungan
hidup (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
|
4.3
|
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster Lingkungan
hidup (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
|
4.4
|
Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan,
slogan, atau poster Lingkungan hidup
secara lisan dan tulis.
|
C. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
metode penugasan peserta didik dapat :
1. Menjelaskan Pengertian
Teks Iklan, Slogan, poster lingkungan hidup
2. Menganalisis Unsur-unsur
iklan, slogan, dan poster lingkungan
hidup
3. Menjelaskan cara menyusun
teks iklan, slogan, poster lingkungan hidup
4. Menganalisis pola
penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup (yang membuat bangga an
memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
5.
Membuat isi iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
6.
Menyajikan isi iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
7.
Membuat gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan,
slogan, atau poster lingkungan
hidup secara lisan dan tulis
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian
Iklan, Slogan, dan Poster
Iklan merupakan salah
bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun
perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara
umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau
membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat
terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek
yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu
usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau
semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.
Contoh:
- Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan
antarsesama.)
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan
dan kesatuan.)
Contoh:
- Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan
antarsesama.)
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan
dan kesatuan.)
- Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya
mengukir prestasi setiap hari.)
Poster adalah plakat
(kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama
dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada
khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya
dipasang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan
dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan
lengkap.
2. Fungsi atau Tujuan
2. Fungsi atau Tujuan
Tujuan
iklan, slogan ataupun poster sama saja yaitu untuk membujuk khalayak berbuat
sesuatu, entah membeli atau menurutinya.
Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat.
Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.
Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat.
Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.
1) Fungsi informasional, iklan memberitahukan
kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang
mereka peroleh.
2) Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk
mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola
belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses.
3. Unsur-unsur iklan, slogan ataupun poster:
1) Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
2) Slogan : kata-kata dan suara
3) Poster : gambar dan kata-kata
4.
Unsur-unsur
pembentuk iklan, slogan ataupun poster:
Adapun
maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami secara lebih lengkap berdasarkan
unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek,
umpan balik, dan konteks.
a)
Sumber
adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan
suatu iklan..
b)
Pesan
adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan
nonverbal.
c)
Media
adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan
sarana-saran lainnya.
d)
Penerima
adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
e)
Efek
adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap,
pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
f)
Umpan
balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima
pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian
narkoba.
5. Maksud Suatu Iklan
Pola penyajian dan
isi iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, ada iklan pemberitahuan, iklan
layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai
berikut.
a.
Iklan
strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu
perusahaan.
b.
Iklan
taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respons dengan
merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka
pendek yang memacu konsumen memberikan respons pada hari yang sama.
6. Perbedaan
Berdasarkan contoh-contoh
sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Berikut perbedaan
antara iklan, slogan, dan poster.
a.
Iklan
merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur
gerak, dan suara.
b.
Slogan
merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.
c.
Poster
merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata;
dipajang di tempat-tempat umum.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Model : Discovery Learning
3. Metode : Diskusi Kelompok, Penugasan
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
1. Media : Gambar, Iklan, Poster
2. Alat/Bahan : Komputer, laptop , LCD
3. Sumber
Belajar :
a. Contoh
teks ulasan dari internet
b. Contoh
teks ulasan dari media cetak/elektronik
c. Buku
referensi tentang genre teks
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Persiapan psikis dan fisik
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.
Menginformasikan tujuan yang akan
dicapai selama pembelajaran
3.
Menyampaikan secara singkat garis
besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4.
Apersepsi : guru bertanya kepada
siswa “ Siapa yang sering melihat selebaran / iklan ?”
5.
Menyambungkan materi sekarang
dengan materi sebelumnya
6.
Memberi motivasi siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu
|
15
|
Inti
|
Pertemuan
1
Mengamati
·
Mengamati salah satucontoh poster
lingkungan hidup yang disajikan.
Menanya
·
Menanya tentang Menjelaskan Pengertian
Teks Iklan, Slogan, poster
lingkungan hidup
Mengeksplorasikan
·
Berkelompok
·
Menelaah
dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
Mengasosiasikan
·
Membuat isi iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup (membanggakan
dan memotivasi) dari
berbagai sumber
·
Membuat kalimat dengan struktur
atau pilihan kata yang berbeda untuk menimbulkan efek yang diinginkan
Mengomunikasikan
·
Mendiskuskan
simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster tentang lingkungan hidup
·
Menuliskan simpulan yang memuat
pendapat akhir terkait dengan topik yang didiskusikan
Pertemuan
2
Mengamati
·
Berkelompok
·
Menganalisis Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster tentang lingkungan hidup yang dibuat
kelompok
Menanya
·
Menelaah
pola penyajian dan kebahasaan teks
iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
Mengeksplorasikan
Mengasosiasikan
Mengomunikasikan
·
Menanggapi teks diskusi dari
berbagai aspek: judul, kesesuaian judul dengan isi, ketepatan pernyataan,
ketepatan bukti/data/alasan pendukung, dan ketepatan simpulan, secara santun
dan penuh percaya diri
·
Merespon tanggapan teman/kelompok
secara santun
·
Merevisi teks diskusi sesuai
dengan hasil tanggapan selama diskusi
·
Individu
·
Membaca teks ulasan yang telah
ditulis teman
|
90
|
Penutupan
|
1.
Bersama-sama
dengan peserta didik membuat
rangkuman/kesimpulan
2.
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan
3.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
4.
Diadakan Tes
Tulis terhadap siswa
5.
Memberikan
tugas individu sebagai pekerjaan rumah.
6.
Doa Tutup.
|
20
|
H.
PENILAIAN
1.
Jenis/Teknik Penilaian
a.
Observasi Proses Pembelajaran
b.
Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
c.
Tes Lisan/Tulis
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
a.
Observasi Proses Pembelajaran
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang diamati
|
Jumlah
|
Nilai
Akhir
|
|||
Sikap/
Perilaku Tanggung jawab
|
Aktivitas
|
Kerjasama
|
Berpendapat/Menanggapi
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
No.
|
Nama
Siswa/
Kelompok
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
|
Nilai
Akhir
|
||
Kerapihan
|
KetepatanWaktu
|
Kesesuaian
Isi
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Tes tulis Terlampir
3.
Pedoman Penskoran:
Keterangan Skor:
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria:
4 =
Baik Sekali
3 =
Baik
2 =
Cukup
1 =
Kurang
|
∑ Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 – 100
: Baik Sekali
B = 70 – 79
: Baik
C = 60 – 69
: Cukup
D = ... < 60 : Kurang
|
Keterangan Nilai Akhir:
a.
Penilaian Observasi : Nilai
= Jumlah
skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (16)
b.
Penilaian Laporan Tugas : Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (12)
c.
Penilaian Tes Lisan/Tulis : Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (20)
Nilai akhir yang
diperoleh siswa = Nilai observasi + nilai laporan
tugas+ nilai tes lisan/tulis
Mengetahui, Cilegon, ………. 2019
Kepala Sekolah Guru Mapel
Bhs
Indonesia
……………….. NOVIYANTI,
S.Pd
NIP. NIP. 1................................3
Lampiran
1 :
SOAL 1
1. Perhatikan Iklan berikut !
Penjelasan isi kalimat “kejahatan Internet Mengincar Anda” pada teks
iklan tersebut adalah ….
A. Hindarilah Internet karena
kejahatan mengincar anda.
C. Hati-hati internet anda yang jadi
incaran penjahat.
D. Kurangi menggunakan internet yang
selalu mengincar anda.
2. Perhatikan Iklan berikut !!
|
Maksud
iklan pengumuman tersebut adalah ….
A. Menganjur guru agar bahan plastik
tidak di berikan kepda siswa.
B. Menjelaskan agenda sekolah
mengurangi bahan plastik dengan bahan kertas.
C. Melarang penggunaan bungkus
berbahan plastik karena berbahaya bagi
lingkungan.
lingkungan.
bahan plastik.
3. Perhatikan iklan berikut !!
|
Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandao
dengan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
4. Cermatilah
ilustrasi berikut !!
|
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah …
A. Gotong royong menjalin kerjasama
sesama warga.
B. Lingkungan sehat tanggung jawab
kita bersama.
C. Mari bersama-sama bergotong
royong di lingkungan.
D. Hidup sehat dengan hidup bersih
bercita-cita warga.
5. Cermatilah
ilustrasi berikut !!
|
Iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi cerita adalah ….
A. Cari manisan Carica Dieng. Rasa 1st.
tnp pngwt/pwrn. Tnp gula. Rp. 100 rb/btl.
Pkt bsr hrg nego. Hub 0286-324025.
Pkt bsr hrg nego. Hub 0286-324025.
B. Jual. Manisan Carica Dieng, rasa 1st.
tnp pngwt/pwrn., gula asli. Rp. 100
rb/kotak isi 12 btl. Pkt bsr hrg nego. Hub. 0286-324025
rb/kotak isi 12 btl. Pkt bsr hrg nego. Hub. 0286-324025
C. Cari. Manisan khas Wsb. Rasa 1st.
tnp pngwt/pwrn. Gula asli. Harga nego.
Hubungi 0286-324025.
Hubungi 0286-324025.
D. Jual. Makanan khas Wsb. Rasa 1st.
tnp pngwt (pwrn. Gula asli. Rp. 100rb/kotak.
Hrg nego. Hub. 0286-324025.
Hrg nego. Hub. 0286-324025.
SOAL 2
6. Bacalah iklan berikut !!
|
Maksud iklan tersebut adalah …
A.
Menjelaskan
tentang pelaksanaan lelang penjualan pupuk di kelurahan.
B.
Mengimformasikan
kepada publik tentang lelang pengadaan pupuk.
C.
Menyampaikan
kegiatan lelang pembelian pupuk di kelurahan.
D.
Menginformasikan
tentang lelang pembuatan pupuk di kelurahan.
|
Fakta
pada teks iklan tersebut ditandai nomor …
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (1) dan (5)
SOAL 3
|
Penjelasan
isi kalimat “Tanamlah pohon untuk masa depan anak cucu kita” pada iklan
tersebut adalah …
A. Menjadi kebanggaan anak cucu memiliki bumi
yang hijau.
B. Menjadi kebanggan bagi yang menanam pohon
pada masa depan.
C. Anak cucu kita bergantung pada banyaknya
pohon yang kita tanam.
D. Melestarikan bumi dengan cara menanam pohon
untuk generasi sesudah kita.
|
Slogan
yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…
A. Program 3R jalan, Sampah hilang.
B. Manfaatkan sampah program 3R.
C. Program 3R terlaksana, Sampah berguna.
D. Mari buang sampah di tempatnya.
SOAL 4
|
Maksud
iklan tersebut adalah…
A. Menyampaikan ke masyarakat bahwa toko
“Serba Ada” menjual barang-barang elektronik.
B. Menjelaskan keberadaan toko “Serba Ada”
beralamat di jalan Pratama 3 Bandung.
C. Menginformasikan konsumen bahwa toko “Serba
Ada” pindah ke alamat baru.
D. Konsumen yang berminat membeli eletronik
bisa mendatangi toko “Serba Ada”.
0 Response to "RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRAN"
Post a Comment