Selamat Datang di Blog Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK dll silahkan hub saya

Lampiran Penelitian Tindakan Sekolah ( PTS ) terlengkap





LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS TINGGI SD
DALAM MENYUSUN RPP
MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN RPP
PADA KEGIATAN KKG GURU KELAS TINGGI ( 4,5,6)
KECAMATAN CINANGKA KABUPATEN SERANG




Log Pemda.jpg













Disusun oleh :
AKHMAD JUAENI, S.Pd
NIP. 19710122 199009 1 001
(Kepala SDN Cinangka 3)

UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN CINANGKA
KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN
2012




LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN HASIL PTS :
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS TINGGI SD
DALAM MENYUSUN RPP
MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN RPP
PADA KEGIATAN KKG  GURU KELAS TINGGI ( 4,5,6)
KECAMATAN CINANGKA KABUPATEN SERANG






DISETUJUI DAN DISYAHKAN OLEH :

PENGAWAS TK/SD



Rd. YURNANINGSIH, M.Pd
NIP. 19601230 198204 2 002



DISETUJUI DAN DISYAHKAN OLEH :
KEPALA DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN CINANGKA



DONDO, S.Pd, M.M. Pd
NIP. 19630507 198410 1 007





i
 
 
ABSTRAK

       Akhmad Juaeni, S.Pd (2012). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Tinggi SD  dalam Menyusunan RPP melalui Workshop Penyusunan RPP pada Kegiatan KKG  guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang.
       Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapatnya guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  yang tidak berlatar belakang pendidikan PGSD , (b) banyaknya guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  yang hanya kompeten dalam cabang mata pelajaran tertentu tapi tidak untuk semua cabang  mata pelajaran , (c) tidak semua guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) , terutama yang berstatus honorer, berkesempatan mengikuti penataran atau diklat KTSP, dan (d) jarangnya kegiatan KKG  Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang  yang khusus membahas RPP pelajaran tersebut, sehingga rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mereka susun kurang lengkap dan sistematis.
       Dengan tujuan untuk mengetahui (a) pengaruh workshop penyusunan RPP pada kegiatan KKG  Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang  dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  dalam menyusun RPP, dan (b) aktivitas guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  dalam menyusun RPP selama workshop penyusunan RPP pada kegiatan KKG  Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang , digunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
       Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  dalam menyusun RPP melalui workshop pada kegiatan KKG  Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang . Penilaian melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus 1 yang mencapai nilai 119, berada pada katagori baik, dan hasil penilaian pada siklus kedua yang mencapai nilai 151, berada pada katagori sangat baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan RPP yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama Kegiatan KKG  pada siklus kesatu yang mencapai nilai 30 atau tergolong baik, dan pada sikulus kedua mencapai nilai 36, yang berati tergolong sangat baik.
ii
 
       Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada kepada guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang  agar mengoptimalkan perannya sebagai perencana, pengorganisir, dan penilai pembelajaran, kepada kepala sekolah agar memfasilitasi guru kelas tinggi untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya sehingga berimbas pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah, kepada Dinas Pendidikan Kecamatan Cinangka Kab. Serang , Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Depdiknas agar lebih sering memfasilitasi kegiatan KKG  Guru kelas tinggi dengan mengikutsertakannya dalam berbagai diklat sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kecamatan Cinangka khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
KATA PENGANTAR

      Puji syukur dengan ucapan Alhamdulillah saya panjatkan ke hadirat Allah SWT. atas segala rahmatNya yang telah menjadikan laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan judul Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Tinggi SD  dalam Menyusun RPP melalui Workshop Penyusunan RPP pada Kegiatan KKG  Guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang  ini dapat penulis selesaikan.
       PTS ini dipicu oleh kondisi (a) masih terdapatnya guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  yang tidak berlatar belakang pendidikan PGSD , (b) banyaknya guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  yang hanya kompeten dalam cabang mata pelajaran tertentu tapi tidak untuk semua cabang  mata pelajaran , (c) jarangnya kegiatan KKG  Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang  yang khusus membahas RPP pelajaran tersebut. Sehingga penulis memandang perlunya pemerataan (peningkatan) kompetensi pedagogik guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  dalam penyusunan RPP. Agar melibatkan semua guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) , maka dilakukan melalui kegiatan KKG  kabupaten.
       Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan PTS ini tidak menutup kemungkinan masih terdapat kekurangan dari berbagai segi, mungkin sistematikanya, mungkin isinya, maupun segi kebahasaannya. Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca umumnya sangat penulis harapkan. Betapapun begitu, penulis tetap berharap laporan PTS ini bisa memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan umumnya dan kepda pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas kepengawasannya khususnya.
      Terima kasih.

Penulis





iii
 
 
UCAPAN TERIMA KASIH

       Assalamualaikum wr. wb.
      Yang pertama kali penulis ingat setelah memanjatkan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala adalah pihak-pihak yang telah memberikan bantuan, baik berupa bantuan material, dorongan moral dan spiritual, sumbangan tenaga dan panjatan do’a, baik langsung maupun tak langsung sehingga laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan judul Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  dalam Menyusun RPP melalui Workshop Penyusunan RPP pada Kegiatan KKG  Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang  ini dapat penulis selesaikan
       Atas semua kontribusi tersebut, dengan penuh rasa takzim, penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, terutama kepada:
1. Bapak Dondo, S.Pd, M.M.Pd. selaku, Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan
    Cinangka Kab. Serang beserta jajarannya.
2. Ibu Rdn. Yurnaningsih, M.Pd selaku pengawas TK/SD
3. Kepala Sekolah segugus 3.
4. Guru-guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 )  Kecamatan Cinangka Kab. Serang .
       Semoga semua yang telah mereka kontribusikan mendapat balasan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amin.


Penulis








iv
 
 
DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR PENGESAHAN
ABSTRAK                                                                                                                   
KATA PENGANTAR 
UCAPAN TERIMA KASIH                                                                                           
DAFTAR ISI                                                                                                                   

BAB I PENDAHULUAN                                                                                                
A. Latar Belakang Masalah                                                                                             
B. Rumusan Masalah                                                                                                       
C. Alternatif  Pemecahan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Hasil Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
2.      Manfaat Praktis

BAB II TINJAUAN PUSTAKA                                                                                       
A. Kompetensi Pedagogik Guru
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
C. Workshop pada Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG )                         
    1. Pengertian KKG                                                                                                      
    2. Prinsip Kerja KKG                                                                                                  
    3. Peran KKG                                                                                                             
    4. Fungsi Manajemen Sekolah
    5. Materi Kegiatan KKG                                                                                             
    6. Workshop pada Kegiatan KKG                                                                            

BAB III METODE PENELITIAN                                                                                  
A. Metode Penelitian Tindakan Sekolah
B. Subyek Penelitian
C. Definisi Operasional
D. Instrumen (Alat) Pengumpul Data
E. Teknik Pengumpulan Data
    1. Observasi
    2. Wawancara (Diskusi)
    3. Studi Dokumenter
v
 
    4. Studi Pustaka
F. Lokasi PEnelitian ( Kondisi Sosial )

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Orientasi
B. Pelaksanaan Tindakan Perbaikan
    1. Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus Kesatu
    2. Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus Kedua
C. Pembahasan Hasil Penelitian
    1. Orientasi
    2. Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus kesatu 
    3. Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus Kedua 
    4. Jawaban terhadap Rumusan Masalah 

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                       


untuk laporan penelitian Tindakan sekolah (PTS) nya silahkan klik disini



 

0 Response to "Lampiran Penelitian Tindakan Sekolah ( PTS ) terlengkap"

Post a Comment

Baca Juga

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini