

LAPORAN
HASIL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
PENINGKATAN
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS TINGGI SD
DALAM
MENYUSUN RPP
MELALUI
WORKSHOP PENYUSUNAN RPP
PADA
KEGIATAN KKG GURU KELAS TINGGI ( 4,5,6)
KECAMATAN CINANGKA KABUPATEN SERANG

Disusun oleh :
AKHMAD JUAENI, S.Pd
NIP.
19710122 199009 1 001
(Kepala SDN Cinangka 3)
(Kepala SDN Cinangka 3)
UPTD
PENDIDIKAN KECAMATAN CINANGKA
KABUPATEN
SERANG PROVINSI BANTEN
2012
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
HASIL PTS :
PENINGKATAN
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS TINGGI SD
DALAM
MENYUSUN RPP
MELALUI
WORKSHOP PENYUSUNAN RPP
PADA
KEGIATAN KKG GURU KELAS TINGGI ( 4,5,6)
KECAMATAN
CINANGKA KABUPATEN SERANG
DISETUJUI
DAN DISYAHKAN OLEH :
PENGAWAS TK/SD
Rd. YURNANINGSIH, M.Pd
NIP.
19601230 198204 2 002
|
DISETUJUI
DAN DISYAHKAN OLEH :
KEPALA
DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN CINANGKA
DONDO, S.Pd, M.M. Pd
NIP.
19630507 198410 1 007
|
|
ABSTRAK
Akhmad Juaeni, S.Pd (2012). Peningkatan
Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Tinggi SD dalam Menyusunan RPP melalui Workshop
Penyusunan RPP pada Kegiatan KKG guru Kelas
Tinggi ( 4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab.
Serang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapatnya guru Kelas Tinggi (
4,5,6 ) yang tidak berlatar belakang pendidikan
PGSD , (b) banyaknya guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) yang hanya kompeten dalam cabang mata
pelajaran tertentu tapi tidak untuk semua cabang mata pelajaran , (c) tidak semua guru Kelas
Tinggi ( 4,5,6 ) , terutama yang berstatus honorer, berkesempatan mengikuti
penataran atau diklat KTSP, dan (d) jarangnya kegiatan KKG Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab. Serang yang khusus membahas RPP pelajaran tersebut,
sehingga rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mereka susun kurang
lengkap dan sistematis.
Dengan tujuan untuk mengetahui (a) pengaruh workshop penyusunan RPP pada
kegiatan KKG Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab. Serang dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Kelas
Tinggi ( 4,5,6 ) dalam menyusun RPP, dan
(b) aktivitas guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) dalam menyusun RPP selama workshop penyusunan
RPP pada kegiatan KKG Kelas Tinggi (
4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab. Serang ,
digunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang
masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan
tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terjadi peningkatan kompetensi pedagogik
guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) dalam
menyusun RPP melalui workshop pada kegiatan KKG Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab. Serang . Penilaian
melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus 1
yang mencapai nilai 119, berada pada katagori baik, dan hasil penilaian pada
siklus kedua yang mencapai nilai 151, berada pada katagori sangat baik, dan (b)
aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan RPP yang lengkap dan
sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.
Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam Menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama Kegiatan KKG pada siklus kesatu yang mencapai nilai 30 atau
tergolong baik, dan pada sikulus kedua mencapai nilai 36, yang berati tergolong
sangat baik.
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur dengan ucapan Alhamdulillah saya panjatkan ke hadirat Allah SWT.
atas segala rahmatNya yang telah menjadikan laporan penelitian tindakan sekolah
(PTS) dengan judul Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Tinggi SD dalam Menyusun RPP melalui Workshop Penyusunan
RPP pada Kegiatan KKG Guru Kelas Tinggi
( 4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab. Serang
ini dapat penulis selesaikan.
PTS ini dipicu oleh kondisi (a) masih terdapatnya guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) yang tidak berlatar belakang pendidikan PGSD ,
(b) banyaknya guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) yang hanya kompeten dalam cabang mata
pelajaran tertentu tapi tidak untuk semua cabang mata pelajaran , (c) jarangnya kegiatan KKG Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab. Serang yang khusus membahas RPP pelajaran tersebut.
Sehingga penulis memandang perlunya pemerataan (peningkatan) kompetensi
pedagogik guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) dalam penyusunan RPP. Agar melibatkan semua
guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) , maka dilakukan melalui kegiatan KKG kabupaten.
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan PTS ini tidak menutup
kemungkinan masih terdapat kekurangan dari berbagai segi, mungkin
sistematikanya, mungkin isinya, maupun segi kebahasaannya. Oleh karena itu,
kritik dan saran dari pembaca umumnya sangat penulis harapkan. Betapapun
begitu, penulis tetap berharap laporan PTS ini bisa memberikan kontribusi
kepada dunia pendidikan umumnya dan kepda pengawas sekolah dalam melaksanakan
tugas kepengawasannya khususnya.
Terima kasih.
Penulis
|
UCAPAN
TERIMA KASIH
Assalamualaikum wr. wb.
Yang pertama kali penulis ingat setelah memanjatkan puji syukur kepada Allah
Subhanahu wa ta’ala adalah pihak-pihak yang telah memberikan bantuan, baik
berupa bantuan material, dorongan moral dan spiritual, sumbangan tenaga dan
panjatan do’a, baik langsung maupun tak langsung sehingga laporan penelitian
tindakan sekolah (PTS) dengan judul Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas
Tinggi ( 4,5,6 ) dalam Menyusun RPP
melalui Workshop Penyusunan RPP pada Kegiatan KKG Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) Kecamatan Cinangka Kab. Serang ini dapat penulis selesaikan
Atas semua kontribusi tersebut, dengan penuh rasa takzim, penulis ucapkan
terima kasih yang sebesar-besarnya, terutama kepada:
1.
Bapak Dondo, S.Pd, M.M.Pd. selaku, Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan
Cinangka Kab. Serang beserta jajarannya.
Cinangka Kab. Serang beserta jajarannya.
2.
Ibu Rdn. Yurnaningsih, M.Pd selaku pengawas TK/SD
3.
Kepala Sekolah segugus 3.
4.
Guru-guru Kelas Tinggi ( 4,5,6 ) Kecamatan
Cinangka Kab. Serang .
Semoga semua yang telah mereka kontribusikan mendapat balasan kebaikan yang
berlipat ganda dari Allah SWT. Amin.
Penulis
|
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN
|
||
ABSTRAK
|
||
KATA PENGANTAR
|
||
UCAPAN TERIMA
KASIH
|
||
DAFTAR ISI
|
||
BAB I
PENDAHULUAN
|
||
A. Latar Belakang
Masalah
|
||
B. Rumusan Masalah
|
||
C. Alternatif Pemecahan Masalah
|
||
D. Tujuan Penelitian
|
||
E. Manfaat Hasil
Penelitian
|
||
1. Manfaat Teoritis
|
||
2. Manfaat Praktis
|
||
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA
|
||
A. Kompetensi
Pedagogik Guru
|
||
B. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ( RPP )
|
||
C. Workshop pada
Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG
)
|
||
1.
Pengertian KKG
|
||
2.
Prinsip Kerja KKG
|
||
3.
Peran KKG
|
||
4. Fungsi Manajemen Sekolah
|
||
5.
Materi Kegiatan KKG
|
||
6.
Workshop pada Kegiatan KKG
|
||
BAB III METODE PENELITIAN
|
||
A. Metode Penelitian
Tindakan Sekolah
|
||
B. Subyek Penelitian
|
||
C. Definisi
Operasional
|
||
D. Instrumen (Alat)
Pengumpul Data
|
||
E. Teknik Pengumpulan
Data
|
||
1.
Observasi
|
||
2.
Wawancara (Diskusi)
|
||
3.
Studi Dokumenter
|
||
|
||
F. Lokasi PEnelitian (
Kondisi Sosial )
|
||
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
|
||
A. Orientasi
|
||
B. Pelaksanaan
Tindakan Perbaikan
|
||
1.
Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus Kesatu
|
||
2.
Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus Kedua
|
||
C. Pembahasan Hasil
Penelitian
|
||
1.
Orientasi
|
||
2.
Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus kesatu
|
||
3.
Pelaksanaan Tindakan Perbaikan Siklus Kedua
|
||
4.
Jawaban terhadap Rumusan Masalah
|
||
BAB V KESIMPULAN DAN
REKOMENDASI
|
||
A. Kesimpulan
|
||
B. Rekomendasi
|
||
DAFTAR
PUSTAKA
|
untuk laporan penelitian Tindakan sekolah (PTS) nya silahkan klik disini
|
0 Response to "Lampiran Penelitian Tindakan Sekolah ( PTS ) terlengkap"
Post a Comment