Selamat Datang di Blog Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK dll silahkan hub saya

Contoh Lembar Refleksi Laporan PKM Universitas Terbuka ( UT )

Lembar Refleksi adalah hal yang harus ada dalam lampiran sebuah Laporan PKM ( Pemantapan Kemampuan Mengajar ) Universitas Terbuka, lembar refleksi berfungsi sebagai evaluasi diri selama pembelajaran berlangsung atau pembelajaran yang telah dilaksanakan, nah seperti apakah Lembar Refleksi untuk Lamporan PKM, bisa seperti contoh dibawah ini :

Baca Juga :


Nama                           : .......................
 NIM                           : ......................
Program Studi             : S1 PGSD
UPBJJ                         : Serang

A.    Refleksi Komponen
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
Saya merasa bahwa selaku melakukan pembelajaran sudah cukup dan mendapat respon yang positif
2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/ bahan ajar yang saya sajikan dengan yang diharapkan ? ( Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
Menurut saya bahwa materi yang saya sajikan, sesuai dengan kebutuhan siswa
3.      Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan ? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan ?)
Menurut saya bahwa media yang saya berikan sudah sesuai dengan yang saya ajarkan
4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang ?
Saya berpendapat bahwa siswa dapat melakukan kegiatan belajar yang telah saya rancang
5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya
gunakan ?
Saya berpendapat bahwa metode atau teknik pembelajaran yang saya berikan dapat diterima oleh siswa dan memperoleh respon positif
6.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, motivasi siswa ) yang saya lakukan ?
Saya menyimpulkan bahwa saya dapat mengatasi masalah pengelolaan kelas dengan baik dan mendapat respon yang positif
7.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?
Menurut saya siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan
8.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan ?
Menurut saya siswa dapat memberikan tanggapan yang sangat baik dan mampu mengerjakan tugas dengan baik
9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan ?
Menurut saya siswa sudah mampu menguasai materi yang telah saya berikan
10.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ?
Menurut saya sudah cukup memanfaatkan waktu dalam member pelajaran dan cukup untuk mengerjakan tugas atau soal
11.  Apakah kegiatan menutup pelajaran  yang saya gunakan sudah meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya sampaikan ?
Saya berpendapat bahwa kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang saya sampaikan

B.     Refleksi Menyeluruh
1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ?)
Menurut saya rencana pembelajaran yang saya susun sudah dapat berjalan sebagaimana mestinya
2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran ? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran,penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Menurut saya kelemahan itu disebabkan karena kuangnya penguasaan materi dan kesediaan media yang kurang

3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya
kedepan ?
Penyebab kelemahan tersebut karena kurangnya penguasaan dan kurangnya kreatifitas dalam untuk menyediakan media dan dalam memperbaikinya kedepan saya harus memantapkan materi dan menampilkan media yang saya bawa sendiri.
4.      Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
Hal-hal yang baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran adalah memotivasi saya untuk lebih kreatif dan maju
5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
Menurut saya kebaikan siswa dapat memahami yang telah diajarkan, tidak semua siswa dapat memahami pelajaran yang di ajarkan
6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
Saya berkesimpulan bahwa saya harus lebih meningkatkan penguasaan materi dan menyediakan media yang akan diajarkan agar siswa lebih semangat dan kreatif
7.      Hal-hal unik ( positif atau negative ) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan ?
f Menurut saya banyak siswa yang merespon positif terhadap saya tetapi ada sebagian siswa yang sulit menerima sehingga saya harus menjelaskannya sendiri
8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggung jawabkannya secara ilmiah dan moral ?
Menurut saya saya harus mampu mempertanggungjawabkannya baik secara ilmiah maupun moral. 

Ok. sob itulah Contoh Lembar Refleksi Laporan PKM Universitas Terbuka ( UT ) Terima kasih telah berkunjung sob, jangan lupa ikuti fans page nya webjuprani klik disini, biar sobat tidak ketinggalan updaten terbarunya
























0 Response to "Contoh Lembar Refleksi Laporan PKM Universitas Terbuka ( UT )"

Post a Comment

Baca Juga

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini