CONTOH LAPORAN REFLEKSI PKM
LAPORAN REFLEKSI
NAMA : XXXXXX
NIM : 12345678
KELAS : A
POKJAR : XXXXXX
UPBJJ : XXXXXX
I. PENDAHULUAN
1. Latar belakang pembuatan laporan
Guru
adalah pendidik professional dengan tugas utama adalah mendidik,
mengajar, membimbing, melatih, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan
pendidikan menengah. Ketegasan di atas menjelaskan bahwa guru harus
memiliki sikap keprofesionalisme yang harus dimiliki. Profesional
sendiri adalah suatu pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang
dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian,
kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu
serta memerlukan pendidikan profesi.
Kemampuan
mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi
peserta didik adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki guru. Oleh
karena itu, guru dituntut harus menguasai:
1. Penguasaan bidang studi, baik yang berkenaan dengan keilmuan maupun metodologi keilmuan bidang studi yang diajarkan;
2. Pemahaman tentang peserta didik
3. Penguasaan pembelajaran yang mendidik
4. Pengembangan kepribadian yang professional sebagai guru dan warrga masyarakat.
Mata
kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) menggarisbawahi beberapa
kulaifikasi pendidikan mahasiswa, dalam hal ini adalah guru, terutama di
tingkat Sekolah Dasar.Kompetensi yang diharapkan pada mata kuliah ini
agar mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajarnya
sebagai guru.Mengingat mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus
dapat dilakukan secara profesional.
Sesuai
panduan pada modul PKM dan pengelolaan kegiatan pembelajaran, mahasiswa
dapat mengikuti kegiatan pelatihan dan pemantapan tugas yang dikerjakan
mahasiswa.Melalui kegiatan inilah rumusan yang sebenarnya diharapkan
oleh TIM FKIP agar mahasiswa terlatih untuk menjadi guru professional.
Beberapa
kegiatan yang dilakukan Saya, selaku mahasiswa UT, dari mulai awal
bimbingan penyusunan Rencana Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,
diskusi dengan Teman Sejawat, menyusun laporan refleksi dari
semua pembelajaran, simulasi PKM, hingga sampai pada ujian PKM
nantinya. Harus dapat dipertanggungjawabkan keputusannya secara moral,
ilmiah, dan profesional dalam memberikan pembelajaran.
Oleh
karena itu, laporan refleksi ini dibuat sebagai gambaran intropeksi
diri guru untuk menjadi seorang yang professional sebelum ia mendapatkan
pengakuan dari lembaga yang memberikannnya pengakuan tersebut. Di
samping itu, pembuatan laporan ini dibuat untuk bisa melatih diri
menjadi guru professional melalui Pemantapan Kemampuan Mengajar
(PDGK4209).
2. Tujuan pembuatan laporan
Sebagaimana
tersebut di atas, mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus
dapat dilakukan secara profesional.Untuk mencapai kompetensi tersebut,
mahasiswa dilatih dan dibekalli dengan kebiasaan dan kemampuan
menyelenggarakan program pembelajaran mulai dari mempersiapkan, merancang,
melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran di sekolah
berdasarkan keilmuan bidang studi dan kependidikan keguruan yang dapat
dipertanggungjawabkan.
Oleh karena itu, Saya susun laporan refleksi ini bertujuan:
1. Melihat
kekuatan dan kelemahan Saya dalam mengajar, apa saja yang sudah baik
dan yang belum baik, serta faktor apa yang meyebabkan perilaku mengajar
kita disebut baik dan kurang baik.
2. Laporan
ini akan membantu Saya, sebagai mahasiswa/guru SD, agar dapat memahami,
menguasai, dan mencapai kemampuan yang secara psikologis lebih baik,
sebagai dasar bagi kekuatan Saya dalam menghadapi kegiatan berikutnya
atau tantangan yang sama.
3. Gambaran umum isi laporan
Pelaksanaan dari seluruh kegiatan laporan ini terbagi dalam 2 bagian, yaitu:
a. Pelaksanaan PKM pertama dilakukan di semester 3 masing-masing RPP, Refleksi, penilaian APKG1 dan penilaian APKG2 berjumlah 8
b. Pelaksanaan
PKM kedua dilakukan di semester 4 (Mata kuliah PKM/PDGK4209
terregistrasi pada semester 4/2009.2) masing-masing RPP, Refleksi,
penilaian APKG1 dan penilaian APKG2 berjumlah 4. Sehingga keseluruhan RPP, Refleksi, APKG1 dan APKG2 berjumlah 12.
Untuk
memperinci seluruh kegiatan pembelajaran selama pelaksanaan Pemantapan
Kemampuan Mengajar itu, saya buat jadwal pelaksanaanya dalam tabel
berikut:
Tabel pelaksanaan PKM pada Semester 3. (terdiri atas masing-masing 8 RPP, 8 Refleksi, 8 PKG1, 8APKG2)
No
|
Mata Pelajaran
|
Kelas/Semester
|
Tanggal Pelaksanaan
|
1
|
PKN
|
III/2
|
8 Maret 2010
|
2
|
IPA
|
IV/2
|
15 Maret 2010
|
3
|
MATEMATIKA
|
V/2
|
16 Maret 2010
|
4
|
IPS
|
V/2
|
17 Maret 2010
|
5
|
PKN
|
IV/2
|
17 Maret 2010
|
6
|
IPA
|
IV/2
|
22 Maret 2010
|
7
|
BAHASA INDONESIA
|
IV/2
|
23 Maret 2010
|
8
|
BAHASA INDONESIA
|
V/2
|
24 Maret 2010
|
Tabel Pelaksanaan PKM pada Semester 4 (Terdiri atas 4 Mata Pelajaran sehingga RPP berjumlah 12)
No
|
Mata Pelajaran
|
Kelas/Semester
|
Tanggal Pelaksanaan
|
1
|
MATEMATIKA
|
IV/1
|
26 Juli 2010
|
2
|
IPS
|
V/1
|
27 Juli 2010
|
3
|
Eksakta/Matematika
|
IV/1
|
28 Juli 2010
|
4
|
Noneksakta/Bahasa Indonesia
|
V/1
|
28 Juli 2010
|
Pelaksanaan
pembelajaran pun dikondisikan dengan kesedian Teman Sejawat dalam
mengatur jadwal kegiatan. Mengingat jadwal kegiatan pada semester 2 pada
kalender pendidikan sedang menyiapkan UASBN.
Laporan
refleksi ini secara umum menggambarkan tolok ukur pribadi terhadap
pelaksanaan pembelajaran.Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri pada
setiap kegiatan mengajar berlangsung.Mulai dari merancang, melaksanakan,
mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran.
II. TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1 (Pendidikan Kewarganegaraan)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Ketersedian bahan terbatas
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Siswa saya kurang memahami beberapa petunjuk saya mengenai bahan berupa Koran/majalah sebagai bahan pembelajaran.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Untuk menjembatani siswa dalam mempelajari keseluruhan materi, saya membuat peta konsep.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Mencoba kegiatan pembelajaran agar bervariasi.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Melalui kliping, siswa menjadi tahu nilai lebih dari seorang kolektor terutama kliping.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 1, rencana saya berikutnya adalah:
Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif.
2. Pertemuan 2 (IPA)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Bahan pembelajaran/praktikum yang mudah habis sebelulm pembelajarna/praktikum berlangsung.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Saya tidak pandai mengorganisasikan kelas dalam mengatur waktu agar lebih efektif..
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya dapat menjelaskan semua detail teori, prosedur praktikum, dan penerapan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Pengalaman pribadi sebagai anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) semasa SMA.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Saya menjadi tahu menerapkan konsep IPA dalam praktikum di SD sangat berbeda.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 2, rencana saya berikutnya adalah:
Saya bersama siswa harus lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Saya akan menyesuaikan semua faktor kekuatan saya.
3. Pertemuan 3 (Matematika)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Kurangnya pendekatan terhadap siswa yang tidak memiliki kemampuan awal sama sekali.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Saya membutuhkan waktu yang banyak terhadap siswa.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Ketegasan,
kesabaran, dan terus menerus berlatih adalah strategi yang saya
terapkan untuk mencapai kompetensi yang saya terapkan.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Siswa SD masih melihat segala sesuatu dari hal – hal yang kongkret.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Ada seorang anak yang memiliki kecerdasan dalam berhitung, tetapi membacanya sangat lambat.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 3, rencana saya berikutnya adalah:
Saya harus bisa menerapkan semua usaha dalam pembuatan RPP.
4. Pertemuan 4 (IPS)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Penggunaan media pembelajaran Peta Indonesia dirasa tidak memenuhi ketercepaian kompetensi.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Ketersedian media pembelajaran di sekolah kami
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Pengelolaan kelas dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Saya menerapkan ketegasan selama proses pembelajaran.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Ada siswa yang masih berpikiran sederhana, tetapi semua pemikiran itu dilatarbelakangi lingkungan mereka tinggal.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 4, rencana saya berikutnya adalah:
Semua
kekuatan yang saya sadari harus saya pertahankan bahkan akan terus
berkembang demi pembelajaran yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.
5. Pertemuan 5 (Pendidikan Kewarganegaraan)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya merasa dalam media pembelajaran yang Saya gunakan.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Ketersedian alat untuk memperbesar dengan ukuran yang mencukupi kebutuhan kelas.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Materi peta konsep dapat membantu siswa untuk memahami materi
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Pengalaman pribadi sebagai anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) semasa SMA.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Tidak ada hal unik yang saya temukan selama proses pembelajaran.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 5, rencana saya berikutnya adalah:
Saya bersama siswa harus lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Saya akan menyesuaikan semua faktor kekuatan saya.
6. Pertemuan 6 (IPA)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Bahan pembelajaran/praktikum yang mudah habis sebelum pembelajaran/praktikum berlangsung.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Saya tidak pandai mengorganisasikan kelas dalam mengatur waktu agar lebih efektif..
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya dapat menjelaskan semua detail teori, prosedur praktikum, dan penerapan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Pengalaman pribadi sebagai anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) semasa SMA.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Saya menjadi tahu menerapkan konsep IPA dalam praktikum di SD sangat berbeda.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 6, rencana saya berikutnya adalah:
Saya bersama siswa harus lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Saya akan menyesuaikan semua faktor kekuatan saya.
7. Pertemuan 7 (Bahasa Indonesia)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Penggunaan media yang sederhana
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Saya
ingin menggunakan model bermain peran pada media pembelajaran berupa
media audiovisual, akan tetapi sekolah kami kurang saranaprasarana
pembelajaran tersebut.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Penyesuaian terhadap media pembelajaran yang saya butuhkan
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Pengalaman pribadi sebagai pemain teater.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Ada siswa yang berobsesi menjadi sineas film.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 7, rencana saya berikutnya adalah:
Saya
akan berusaha mempertahankan kekuatan saya, dan mencoba seefektif
mungkin dalam memanfaatkan media pembelajaran yang saya butuhkan.
8. Pertemuan 8 (Bahasa Indonesia)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Alokasi waktu yang tidak sesuai dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.Dan juga media pembelajaran.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Media yang digunakan berupa tape recorde yang sudah tua dan mudah rusak, sehingga menyebabkan waktu yang dibutuhkan terbuang sia-sia.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Penggunaan media yang sudah sesuai dengan kompetensi.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Kompetensi yang saya arahkan adalah kompetensi “mendengarkan cerita”
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Ada siswa yang yang hanya tertarik pada salah satu penokohan saja, protagonist.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 8, rencana saya berikutnya adalah:
Saya
harus benar-benar memikirkan beberapa hal yang menjadi kelemahan dari
beberapa media pembelajaran agar waktu yang saya alokasikan menjadi
tepat.
9. Pertemuan 9 (Matematika)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya masih harus merasa tidak mengetahui kemampuan awal siswa.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Pendekatan yang saya terapkan membutuhkan waktu yang banyak.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya punya berbagai macam penyelesaian pengerjaan berbagai macam jenis soal Matematika.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Saya pernah menjadi anggota KIR (Kelomok Ilmiah Remaja) semasa SMA.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Ada siswa yang memiliki kecerdasan dalam berhitung, tetapi lambat dalam membaca..
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 9, rencana saya berikutnya adalah:
Saya harus bisa menuangkan semua pengalaman saya semasa menjadi Anggota KIR.
10. Pertemuan 10 (IPS)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya merasa dalam media pembelajaran yang Saya gunakan.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Ketersedian alat untuk memperbesar dengan ukuran yang mencukupi kebutuhan kelas.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Materi peta konsep dapat membantu siswa untuk memahami materi.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Pengalaman pribadi sebagai anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) semasa SMA.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Tidak ada hal unik yang saya temukan selama proses pembelajaran.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 10, rencana saya berikutnya adalah:
Saya bersama siswa harus lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Saya akan menyesuaikan semua faktor kekuatan saya.
11. Pertemuan 11 (MATEMATIKA/EKSAKTA)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya membutuhkan adaptasi yang lebih agar terjadi penyesuaian sikap dan kondisi belajar agar terpenuhi.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Saya merasa harus mengenal latar belakang mereka.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Saya memiliki beberapa strategi dalam menyelesaikan berbagai macam jenis soal Matematika.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Saya pernah menjadi anggota KIR yang dilatih untuk terbiasa menyelesaikan soal-soal Ujian.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Sikap
egoisme dalam memimpin kelompok siswa tertentu tampak sekali ketika
metode pembelajaran berupa diskusi dengan tutor sebaya.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 11, rencana saya berikutnya adalah:
Saya harus mengembangkan strategi pembelajaran untuk dapat mempermudah siswa saya memahami karakter soal.
12. Pertemuan 12 (BAHASA INDONESIA/NON EKSAKTA)
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Pengelolaan kelas akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Teknik wawancara membutuhkan pembelajaran langsung.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Penyesuaian media pembelajaran yang saya gunakan bersifat kekinian.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Saya menggunakan bahan pembelajaran yang kekinian agar siswa saya lebih cepat dan tepat menanggapi beberapa isu terbaru.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:
Pengaruh/dampak isu terbaru menyebabkan beberapa siswa “demam” terhadap sikap nge-fans mereka.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 12, rencana saya berikutnya adalah:
Penggunaan
bahan pembelajaran yang bersifat kekinian harus saya pertahakan agar
siswa lebih tanggap dalam menghadapi berbagai macam isu di luar
lingkungannya
III. KESIMPULAN
1. Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah:
o Media pembelajaran yang dirasa kurang tepat untuk mencapai kompetensi;
o Pengelolaan kelas sering terjadi kericuhan;
o Alokasi waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan sangat berbeda dengan alokasi waktu yang direncanakan semula;
o Kurangnya pengenalan terhadap kemampuan awal siswa.
2. Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah:
o Keterbatasan media dan bahan pembelajaran;
o Kurangnya ketegasan dalam pembelajaran;
o Alokasi
waktu sangat ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan. Bahkan
metode pembelajaran pun sangat mempengaruhi alokasi waktu yang dibutuhkan;
o Saya kurang beradaptasi secara cepat.
3. Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah:
o Saya
memiliki pengalaman dalam mengelola materi pembelajaran seperti
strategi penyelesaian soal Matematika, bahan pembelajaran yang kekinian,
dan sebagainya;
o Ketegasan dan cepat menyesuaikan metode dan media pembelajaran yang direncanakan dengan pelaksanaan.
4. Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah:
o Pengalaman sebagai anggota KIR (kelompok ilmiah Remaja) dan pemain teater semasa SMA;
o Sikap tegas dan cepat sesuai dengan kedisiplinan yang diterapkan sejak dini.
5. Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan:
Semua
kekuatan atau hal-hal yang baik wajib Saya pertahankan, bahkan harus
ditingkatkan.Disamping itu, sumber informasi sekarang jauh lebih
berkembang dan cepat maka Saya harus lebih cepat tanggap dalam mengelola
informasi pendidikan terutama informasi tentang
keilmuannya bahkan pembelajarannya. Kelemahan yang Saya tulis dalam
refleksi ini menjadi tolok ukur bahwa Saya sebenarnya bukan Mahluk yang
sempurna. Dari sekian banyak kelemahan itu, Saya terpacu dan ingin terus
memperbaiki guna mencapai keprofesionalisme diri menjadi seorang guru
yang sesuai diamanatkan Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru
dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.
Mksh, dpt digunakan sebagai bahan referensi.
ReplyDelete