Selamat Datang di Blog Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK dll silahkan hub saya

Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa Ramadhan

Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa Ramadhan
pada saat bulan ramdhan seperti ini, tentunya kita ingin anak-anak kita bisa belajar berpuasa rmahdana ya walaupun Anak-anak memang belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin melatih mereka untuk berpuasa sejak usia dini, agar ketika mereka sudah baligh dalam artian anak yang baligh sudah diwajibkan berpuasa Ramadan, maka mereka sudah terbiasa menjalankan puasa tanpa terasa berat, agar kelak mereka terbiasa ya sob.. lantas bagaimana cara nya agar kita bisa Mendidik Anak untuk Berpuasa Ramadhan sobat simak baik-baik dan baca dengan teliti artikel ini ya sob !!

Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa Ramadhan

Tahukah Anda cara yang mudah dan benar untuk mendidik/melatih anak berpuasa? Berikut kami menyajikan beberapa tips jitu untuk Anda, mudah-mudahan bisa diterapkan kepada anak-anak sobat, oke langsung saja sob baca ni ya wkwkwkkwk

1. Pastikan Kesehatan Anak
Pastikan anak Anda dalam keadaan sehat. Dan sebaiknya latih anak berpuasa perlahan-lahan, misal sejak sahur sampai jam 12.00, baru puasa sampai maghrib.

2. Jelaskan Apa Arti dari Puasa

Anak-anak perlu diyakinkan mengenai apa itu puasa, tujuan, dan manfaatnya, secara agama dan juga kesehatan. Dengan begitu mereka akan semakin tertarik untuk menjalankan ibadah puasa.

3. Ciptakan Suasana Sahur yang Menyenangkan
Ajak anak-anak untuk sahur bersama dan ciptakan suasana yang menyenangkan untuk menambah semangatnya dalam menjalankan ibadah puasa serta untuk menghilangkan rasa kantuk saat dia harus bangun untuk sahur.

4. Berikan Makanan Sesuai Selera dan Bergizi Sehat
Berikan menu makanan sesuai dengan seleranya dan tetap menjaga gizi dari makanan tersebut, seperti makanan yang mengandung lemak agar anak tidak mudah lapar yaitu susu, telur, dan sebagainya. Dan jangan lupa untuk banyak mengonsumi serat, seperti sayur dan buah, agar buang air besar tetap lancar.

5. Hentikan Puasa Jika Anak Tidak Kuat
Apabila pada saat pertengahan waktu puasa tiba-tiba anak lapar, maka berilah. Dan setelah itu boleh dilanjutkan untuk berpuasa lagi sampai adzan maghrib berkumandang.

6. Batasi Aktivitas Selama Puasa
Ingatkan pada mereka bahwa selama menjalankan ibadah puasa sebaiknya tidak perlu melakukan aktivitas yang berat, sebab dapat menguras tenanga dan hanya membuat anak kelelahan dan lapar.

7. Atur Pola Istirahat
Selama menjalankan puasa, anak harus bangun pada waktu dini hari untuk sahur. Jadi, Anda harus mengontrol jam istirahatnya agar mereka tidak mengantuk. Dan beri motivasi padanya agar mereka tidak tidur terlalu larut malam.

8. Beri Contoh yang Baik
Selama puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja yang harus dilakukan. Berikan contoh untuk melaksanakan shalat lima waktu, shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, serta memperbanyak shadaqah. Dengan melihat aktivitas Anda secara rutin, mereka pasti akan mencontoh tanpa harus bersusah payah menyuruhnya.

9. Beri Pujian pada Anak Anda
Berpuasa merupakan sesuatu yang berat bagi anak-anak terutama yang baru menjalaninya. Maka berilah mereka pujian agar lebih bersemangat saat berpuasa.

Itulah tips jitu untuk melatih anak Anda berpuasa sejak dini. Semoga bermanfaat. terima kasih telah berkunjung di blog Juprani, S.Pd sob. jangan lupa share ya...

0 Response to "Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa Ramadhan"

Post a Comment

Baca Juga

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini