Selamat Datang di Blog Juprani, S.Pd jangan lupa tinggalkan komentarnya semoga bermanfaat terima kasih... dan bagi yang butuh PTK dll silahkan hub saya

RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRAN

ah.. sob.. moga gk pada bosen ya berkunjung.. ya walaupun ane sekarang jarang update artikel. tapi tenang aja stok artikel di blog ane kan banyak hahahah sobat tinggal cari aja yang sobat butuhkan, ya kalau gk ketemu tinggal kirim email aja ke ane.. hahahha... 
kali ini ane akan share RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRAN mungkin bagi beberapa sekolah sangat membuthkannya terkait sekolah yang mengembangkan program Adiwiyata. kali ini bukan SD ya son tapi RPP ini untuk jenjang tingkat SMP, apa sih sekolah Adiwiyata itu...? penjelasan ini tidak saya ulas lagi karena di postingan sebelumnya sudah saya jelaskan secara detail dan rinci ya sob. sobat bisa cari aja di blog Juprani ini..

sobat Juparni RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA ini untuk tingkat SMP sudah menggunakan KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU, ini saya share karena menurut pengalaman teman ane agak susah juga nyari RPP Adiwiyata mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMP di mbah google... bagi sobat yang menemukan postingan artikel ini berarti anda beruntung hahahahahah wkwkwkwkk.. untuk contoh RPP nya bisa sobat liat dibawah ini... ini hanya contoh ya sob... tapi terkadang susah copy paste malah jadi acak-acakan tenang aja sob ane sudah siapkan link download nya di bawah postingan artikel ini.. tapi supata sobat pintar lebih baik budayakan membaca dulu ya agar sobat faham dan lebih pintar... udah ah basa-basi yang sudah basinya takut lama-lama nanti gk nyambung wkwkwkwk langsung saja sob inilah contoh RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRANNYA


Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 9 Cilegon
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : VIII/I ( satu )
Alokasi Waktu            : 2 pertemuan (4 x 40 menit)

A.      Kompotensi Inti
KI.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar Dan Indikator
3.3
Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster Lingkungan hidup (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.4
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster Lingkungan hidup (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster Lingkungan hidup (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
4.4
Menyajikan  gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  Lingkungan hidup secara lisan dan  tulis.

C.      Tujuan Pembelajaran :
Melalui metode penugasan peserta didik dapat :
1.      Menjelaskan Pengertian Teks Iklan, Slogan, poster lingkungan hidup
2.      Menganalisis Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster lingkungan hidup
3.      Menjelaskan cara menyusun teks iklan, slogan, poster lingkungan hidup
4.      Menganalisis pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup (yang membuat bangga an memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
5.      Membuat isi iklan, slogan,   atau poster lingkungan hidup (membanggakan  dan memotivasi)         dari berbagai sumber
6.      Menyajikan isi iklan, slogan,   atau poster lingkungan hidup (membanggakan  dan memotivasi)         dari berbagai sumber

7.      Membuat gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup secara lisan dan tulis

D.          Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster
Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu. 
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.
Contoh:
- Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan  
    antarsesama.)

- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan
     dan kesatuan.)
- Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.)
Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap.

2. Fungsi atau Tujuan
Tujuan iklan, slogan ataupun poster sama saja yaitu untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu, entah membeli atau menurutinya. 
Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat. 
Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.
1)      Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh.
2)      Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses.
3. Unsur-unsur iklan, slogan ataupun poster:
1)      Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
2)      Slogan : kata-kata dan suara
3)      Poster : gambar dan kata-kata
4.      Unsur-unsur pembentuk iklan, slogan ataupun poster:
Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.
a)      Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan..
b)      Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
c)      Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.
d)     Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
e)      Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
f)       Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.

5. Maksud Suatu Iklan
Pola penyajian dan isi iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, ada iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai berikut.
a.       Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan.
b.      Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respons dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respons pada hari yang sama.
6. Perbedaan
Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.
a.       Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.
b.      Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.
c.       Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.

E.          Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan               : Scientific
2.      Model                       : Discovery Learning
3.      Metode                     : Diskusi Kelompok, Penugasan

F.           Media, alat dan sumber pembelajaran
1.      Media                       : Gambar, Iklan, Poster
2.      Alat/Bahan               : Komputer, laptop , LCD
3.      Sumber Belajar         :
a.       Contoh teks ulasan dari internet
b.      Contoh teks ulasan dari media cetak/elektronik
c.       Buku referensi tentang genre teks

G.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Persiapan psikis dan fisik membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.        Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
3.        Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4.        Apersepsi : guru bertanya kepada siswa “ Siapa yang sering melihat selebaran / iklan ?”
5.        Menyambungkan materi sekarang dengan materi sebelumnya
6.        Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu
15
Inti
Pertemuan 1
Mengamati
·         Mengamati salah satucontoh poster lingkungan hidup yang disajikan.

Menanya
·         Menanya tentang Menjelaskan Pengertian Teks Iklan, Slogan, poster lingkungan hidup

Mengeksplorasikan
·         Berkelompok
  • Mengajak melihat lingkungan sekitar
  • Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup
  • Menganalisis Unsur-unsur Teks Iklan, Slogan, poster tentang lingkungan hidup
·         Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster


Mengasosiasikan
·         Membuat isi iklan, slogan,   atau poster lingkungan hidup (membanggakan  dan memotivasi) dari berbagai sumber
·         Membuat kalimat dengan struktur atau pilihan kata yang berbeda untuk menimbulkan efek yang diinginkan
Mengomunikasikan
·         Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster tentang lingkungan hidup
  • Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster di depan kelompok lain dengan percaya diri dan bahasa yang lugas
  • Menyajikan isi iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup (membanggakan  dan memotivasi)         dari berbagai sumber
·         Menuliskan simpulan yang memuat pendapat akhir terkait dengan topik yang didiskusikan

Pertemuan 2
Mengamati
·         Berkelompok
·         Menganalisis Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster tentang lingkungan hidup yang dibuat kelompok
Menanya
·         Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster lingkungan hidup dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar


Mengeksplorasikan
  • Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks  iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/ disaksikan
  • Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster
  • Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster
Mengasosiasikan
  • Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan
  • Membuat gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis

Mengomunikasikan
  • Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi, dengan penuh rasa percaya diri
·         Menanggapi teks diskusi dari berbagai aspek: judul, kesesuaian judul dengan isi, ketepatan pernyataan, ketepatan bukti/data/alasan pendukung, dan ketepatan simpulan, secara santun dan penuh percaya diri
·         Merespon tanggapan teman/kelompok secara santun
·         Merevisi teks diskusi sesuai dengan hasil tanggapan selama diskusi
·         Individu
·         Membaca teks ulasan yang telah ditulis teman
90
Penutupan
1.        Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan
2.        Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.        Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.        Diadakan Tes Tulis terhadap siswa
5.        Memberikan tugas individu  sebagai pekerjaan rumah.
6.        Doa Tutup.
20
H.      PENILAIAN
1.                   Jenis/Teknik Penilaian
a.          Observasi Proses Pembelajaran
b.         Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
c.          Tes Lisan/Tulis           
2.                   Bentuk Instrumen dan Instrumen
a.    Observasi Proses Pembelajaran
No.
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Jumlah
Nilai Akhir
Sikap/ Perilaku Tanggung jawab
Aktivitas
Kerjasama
Berpendapat/Menanggapi

































b.         Laporan Tugas (Individu/Kelompok)
No.
Nama Siswa/
Kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai Akhir
Kerapihan
KetepatanWaktu
Kesesuaian Isi



































c.    Tes tulis Terlampir
3.              Pedoman Penskoran:
Keterangan Skor:
Masing-masing kolom  diisi dengan kriteria:
4  =  Baik Sekali
3  =  Baik
2  =  Cukup
1  =  Kurang
                Skor perolehan
Nilai   =                               X 100
                 Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A  =  80 – 100  :         Baik Sekali
B  =  70 – 79    :         Baik
C  =  60 – 69    :         Cukup
D  =  ... <  60    :         Kurang           

Keterangan Nilai Akhir:
a.     Penilaian Observasi         :            Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
                                                                                          Jumlah skor maksimal (16)
b.    Penilaian Laporan Tugas :            Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
                                                                                         Jumlah skor maksimal (12)
c.     Penilaian Tes Lisan/Tulis :            Nilai        =          Jumlah skor yang diperoleh x 100
                                                                                         Jumlah skor maksimal (20)
Nilai akhir yang diperoleh siswa = Nilai observasi + nilai laporan tugas+ nilai tes lisan/tulis


Mengetahui,                                                                Cilegon,     ………. 2019
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel Bhs Indonesia





………………..                                                          NOVIYANTI, S.Pd
NIP.                                                                            NIP. 1................................3







Lampiran 1 :
SOAL 1
1.        Perhatikan Iklan berikut !








Penjelasan isi kalimat  “kejahatan Internet Mengincar Anda” pada teks iklan tersebut adalah ….
           A. Hindarilah Internet karena kejahatan mengincar anda.
           B. Hati-hatilah terhadap kejahatan melalui jaringan internet.
           C. Hati-hati internet anda yang jadi incaran penjahat.
           D. Kurangi menggunakan internet yang selalu mengincar anda.
2.       Perhatikan Iklan berikut !!
Sekolah peduli lingkungan
Dengan mengurangi
Penggunaan bahan plastik
Mulai 15 Oktober 2012

 
 
               


              Maksud iklan pengumuman tersebut adalah ….
           A. Menganjur guru agar bahan plastik tidak di berikan kepda siswa.
           B. Menjelaskan agenda sekolah mengurangi bahan plastik dengan bahan kertas.
           C. Melarang penggunaan bungkus berbahan plastik karena berbahaya bagi
               lingkungan.
D. Mengimbau warga sekolah untuk peduli lingkungan dengan tidak menggunakan
    bahan plastik.








3.       Perhatikan iklan berikut !!          
1)    Obat herbal
2)    Kualitas terjamin 100% halal
3)    Bantu atasi kanker, tumor, stroke, diabetes, asam urat, dll
4)    Hubungi 082134576
 
 


                                                                                                                                               
                Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandao dengan nomor ….

            A. (1) dan (2)
            B. (1) dan (4)
            C. (2) dan (3)
            D. (3) dan (4)
4.         Cermatilah ilustrasi berikut !!
Remaja Mesjid Salman mengadakan gotong royong membersihkan parit-parit jalan di sekitar lingkungan V. Kegiatan ini dilaksanakan agar lingkungan tetap sehat
 
 



            Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
            A. Gotong royong menjalin kerjasama sesama warga.
            B. Lingkungan sehat tanggung jawab kita bersama.
            C. Mari bersama-sama bergotong royong di lingkungan.
            D. Hidup sehat dengan hidup bersih bercita-cita warga.
5.         Cermatilah ilustrasi berikut !!
Pengusaha industri kecil makanan khas Wonosobo memproduksi manisan khas yang bahan bakunya pepaya dari dataran tinggi Dieng. Pengusaha tersebut bermaksud memasarkan produknya dengan menggunakan iklan baris. Data produk tersebut sebagai berikut : nama produk “Carica Dieng”, rasanya istiwema, tanpa menggunakan pengawet dan pewarna, tanpa pemanis buatan, harganya Rp 100.000,00 per kotak isi 12 botol, untuk paket besar harga bisa bernegosiasi, dan yang berniat dapat menghubungi 0286-324025.
 
 




            Iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi cerita adalah ….
A. Cari manisan Carica Dieng. Rasa 1st. tnp pngwt/pwrn. Tnp gula. Rp. 100 rb/btl.
     Pkt bsr hrg nego. Hub 0286-324025.
B. Jual. Manisan Carica Dieng, rasa 1st. tnp pngwt/pwrn., gula asli. Rp. 100
     rb/kotak isi 12 btl. Pkt bsr hrg nego. Hub. 0286-324025
C. Cari. Manisan khas Wsb. Rasa 1st. tnp pngwt/pwrn. Gula asli. Harga nego.
    Hubungi 0286-324025.
D. Jual. Makanan khas Wsb. Rasa 1st. tnp pngwt (pwrn. Gula asli. Rp. 100rb/kotak.
    Hrg nego. Hub. 0286-324025.






SOAL 2
6.      Bacalah iklan berikut !!
Pengumuman
Panitia pengadaan barang/jasa kelurahan sugih waras akan mengadakan pelelangan umum dengan ketentuan
Batas anggaran      : Rp 450.500,00
Rincian kegiatan     : pengadaan pupuk
Tempat                 : Kelurahan Sugih Waras
Waktu pedaftaran : Diperkirakan pertengahan maret 2013
Keterangan lebih lengkap dapat dilihat di tempat pendaftaran.
 
 







     Maksud iklan tersebut adalah …

A.   Menjelaskan tentang pelaksanaan lelang penjualan pupuk di kelurahan.
B.    Mengimformasikan kepada publik tentang lelang pengadaan pupuk.
C.    Menyampaikan kegiatan lelang pembelian pupuk di kelurahan.
D.   Menginformasikan tentang lelang pembuatan pupuk di kelurahan.

1)      Kapsul ceria sehat
2)    Meningkatkan sirkulasi darah di sistem saraf pusat
3)    Membuat tubuh semakin sehat dan bugar
4)    Komsumsilah selalu kapsul ceria sehat
5)    Produksi PT sehat sejahtera
 
7.      Perhatikan iklan berikut !!




          Fakta pada teks iklan tersebut ditandai nomor …

A.   (1) dan (2)
B.    (2) dan (3)
C.    (3) dan (4)
D.   (1) dan (5)
SOAL 3
Satu hari satu pohon
Tanamlah pohon demi masa depan cucu kita.
 
8.      Perhatikan iklan berikut !!



          Penjelasan isi kalimat “Tanamlah pohon untuk masa depan anak cucu kita” pada iklan tersebut adalah …
A.   Menjadi kebanggaan anak cucu memiliki bumi yang hijau.
B.    Menjadi kebanggan bagi yang menanam pohon pada masa depan.
C.    Anak cucu kita bergantung pada banyaknya pohon yang kita tanam.
D.   Melestarikan bumi dengan cara menanam pohon untuk generasi sesudah kita.
Ketua PKK  RW 06 Gondang Manis menghimbau ibu-ibu warga RW 06 melaksanakan program mengulangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle) sampah. Program itu dikenal dengan 3R tujuannya mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat.
 
9.Cermatilah ilustrasi berikut !



          Slogan yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…

A.   Program 3R jalan, Sampah hilang.
B.    Manfaatkan sampah program 3R.
C.    Program 3R terlaksana, Sampah berguna.
D.   Mari buang sampah di tempatnya.

SOAL 4
PEMBERITAHUAN PINDAH ALAMAT
Mulai tanggal 21 Oktober 2012, toko “Serba Ada” yang beralamat di jalan Orina 29, Bandung pindah tempat di
Jalan Pratama 3 Bandung
Telepon (022) 242927

 
10.       Perhatikan iklan berikut !!




            Maksud iklan tersebut adalah…
A.   Menyampaikan ke masyarakat bahwa toko “Serba Ada” menjual barang-barang elektronik.
B.    Menjelaskan keberadaan toko “Serba Ada” beralamat di jalan Pratama 3 Bandung.
C.    Menginformasikan konsumen bahwa toko “Serba Ada” pindah ke alamat baru.
D.   Konsumen yang berminat membeli eletronik bisa mendatangi toko “Serba Ada”.

 nah itulah sob artikel tentang RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRAN untuk mendownload file silahkan klik disini atau klik download RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRAN

terima kasih telah berkunjung blog Juprani, S.Pd jangan lupa komentar dan share artikelnya semoga bermanfaat..

0 Response to "RPP ADIWIYATA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU LENGKAP DENGAN LAMPIRAN"

Post a Comment

Baca Juga

Buku Tamu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini